Sabtu 07 Maret 2020, 05:10 WIB

Tara Basro

Usman Kansong Dewan Redaksi Media Group | Editorial
Tara Basro

MI/Ebet
Usman Kansong Dewan Redaksi Media Group .

BUKAN virus korona, tetapi dia menyebar secepat kilat. Dia segera menjadi buah bibir, menyelingi bahkan menciptakan jeda pembicaraan tentang virus korona. Dia Tara Basro, model, juga artis.

Menkominfo Johnny G Plate yang biasanya dicecar wartawan dengan pertanyaan seputar korona dan segala hoaks yang menyertainya, tiba-tiba ditanya perihal Tara. Pak Menkominfo kiranya bisa refreshing sejenak dari urusan korona. Forum ini pun, yang selama sepekan terakhir mengangkat tema terkait korona, kali ini jeda membahas korona demi membahas Tara.

Tara mengunggah foto dirinya di media sosial. Satu foto hanya memakai cawat dan beha. Foto lainnya bugil, nirbusana, tanpa sehelai benang.

Orang, terutama kaum lelaki, beramai-ramai mencari fotofoto Tara itu. Para lelaki mungkin membayangkan pinggul Tara seramping pinggul Emma Watson dengan lekukan serupa tubuh Kelly Brooke dalam keadaan betul-betul telanjang.

Tubuh perempuan sempurna, menurut para perempuan seperti dilansir dailymail.co.uk, ialah yang berpinggul seramping Emma Watson.

Menurut para lelaki, masih seperti dilansir dailymail.co.uk, tubuh perempuan sempurna ialah yang berlekuk serupa tubuh Kelly Brooke.

Namun, kaum lelaki mungkin kecewa begitu menyaksikan foto-foto Tara itu. Di foto pertama terlihat lipatan perut dan strech mark di pangkal paha Tara. Di foto kedua, posisi Tara duduk menyamping dengan tangan menutupi buah dada.

Filsuf Michel Foucault menelurkan teori panopticon. Teori ini menggambarkan bahwa manusia merasa gerak-gerik dan kehidupannya diam-diam dipantau orang lain atau sesuatu yang lain supaya patuh. Kebanyakan perempuan merasa tubuhnya dipantau.

Perempuan merasa tubuh mereka harus serupa, ya itu tadi, Emma Watson atau Kelly Brooke, supaya enak dipantau dan perlu.

Oleh karena itu, banyak perempuan yang sibuk membentuk tubuh ideal dengan berbagai cara, mulai minum jamu galian singset, nenggak jamu susut perut, berdiet, hingga beraerobik. Memakai teori panopticon Foucault, inilah yang disebut tubuh perempuan yang dipatuhkan.

Tara Basro tak sudi tubuhnya dipantau diam-diam. Dia menolak tubuhnya dipatuhkan. Dia sekalian saja memamerkan tubuhnya itu sekalipun ada lipatan di perutnya dan strech mark di pahanya.

Kita biasanya memamerkan sesuatu yang indah, bagus, baik. Tara kiranya menganggap ketidaksempurnaan tubuhnya itu serupa apa adanya dan apa adanya ialah keindahan. Kita biasanya mempertontonkan sesuatu yang kita sukai, cintai.

Tara kiranya hendak menunjukkan bahwa ia mencintai tubuhnya sebagaimana adanya, dengan segala ketidaksempurnaan nya, dengan lipatan di perut dan strech mark di paha.

Tara loves her body the way it is. Tara kiranya juga ingin berkampanye mengajak perempuan untuk mencintai tubuh dan diri mereka sebagaimana adanya.

Tara hendak mengajak perempuan menolak tubuh mereka dipantau diam-diam dan dipatuhkan. Mungkin karena ada pesan kuat dari foto Tara, Kemenkominfo mengatakan itu bukan pornografi , tidak melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tara mengajak perempuan mencintai tubuh mereka serupa apa adanya, bukan mengajak perempuan memamerkan tubuh di media sosial.

Celakanya ada yang latah mengunggah foto-foto seksi mereka di media sosial. Kata nya itu sebagai bentuk dukungan kepada Tara. Akan tetapi, yang latah itu biasanya tidak enak dilihat dan tidak perlu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

MI/Ebet

PTUN Menangkan PNS Koruptor

👤Gaudensius Suhardi Dewan Redaksi Media Group 🕔Senin 10 Agustus 2020, 05:00 WIB
PENGADILAN Tata Usaha Negara (PTUN) di berbagai daerah memenangkan gugatan PNS...
MI/Ebet

Kodok, Lobster, Fatwa

👤Usman Kansong Dewan Redaksi Media Group 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 05:00 WIB
PADA 1984, Majelis Ulama Indonesia menerbitkan fatwa tentang...
MI/Ebet

Ayo Kerja!!!

👤Suryopratomo Dewan Redaksi Media Group 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 05:00 WIB
DUGAAN kita bahwa kuartal II menjadi turbulensi ekonomi yang hebat akhirnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya