Kamis 22 September 2022, 17:41 WIB

eLangsung Gelar Edukasi Cara Bersaing di Era Digital bagi Pemilik Bengkel

Mediaindonesia.com | Otomotif
eLangsung Gelar Edukasi Cara Bersaing di Era Digital bagi Pemilik Bengkel

Dok. eLangsung
Gathering dan edukasi eLangsung terhadap pemilik bengkel

 

PRODUSEN suku cadang motor, PT eLangsung International Agency menggelar gathering akbar bersama para owner bengkel serta mekanik di area Jakarta Utara dan sekitarnya. 

Gathering kali ini digelar di Red Snapper, Pluit, Jakarta Utara serta dihadiri belasan perwakilan bengkel, toko spare parts, para mekanik, serta manajemen dari eLangsung.

"Kita ingin mengajak teman-teman bengkel untuk berkembang bersama-sama. Kami tidak ingin hanya bengkel-bengkel besar saja yang mendominasi. Jadi kita ingin semuanya merata dan teman-teman bengkel di sini juga bisa bersaing dengan yang besar-besar," ujar Christopher Patuwo, Branding Manager National PT eLangsung International Agency dalam keterangannya.

Dalam kesempatan itu, pihak eLangsung juga melakukan edukasi kepada calon bengkel rekanan terkait pengembangan usaha di era digitalisasi yang mengharuskan para pemilik bengkel hingga mekanik harus sudah menaruh perhatian dengan media sosial, serta aplikasi agar bengkel mereka lebih dikenal, mendapat kepercayaan konsumen, sehingga semakin banyak konsumen yang datang. 

Salah satu caranya dengan menawarkan suku cadang motor berkualitas standar OEM, bergaransi namun dengan harga yang kompetitif. Selain itu, pihak eLangsung akan membantu segala hal terkait iklan dan branding bengkel, sehingga pemilik bengkel dan mekanik hanya perlu fokus dalam melayani konsumen mereka.

Tak cukup itu saja, eLangsung juga menyiapkan tim yang diberi nama eLang Squad yang nantinya akan membantu setiap bengkel rekanan dalam membuat konten untuk media sosial mereka masing-masing. 

Pemilik bengkel atau mekanik cukup membuat konten foto atau video pendek dengan sedikit narasi dan selanjutnya diteruskan ke admin eLangsung yang akan menyusun dengan pedoman Search Engine Optimization (SEO) untuk diunggah ke media sosial.

"Kita tahu bagaimana sibuknya di bengkel. Namun teman-teman cukup mengambil foto atau video pendek lalu kasih kalimat singkat tentang pengerjaan atau pemasangan spare part, tinggal kirim ke admin kita, nanti kita yang atur SEO-nya agar bengkel teman-teman terindeks di Google," ungkap Syaid Azhari, Marketing Manager PT eLangsung International Agency. 

Lebih lanjut, setelah sesi presentasi keunggulan produk-produk eLangsung, calon rekanan bengkel yang hadir juga mendapat edukasi terkait cara kerja dan keuntungan yang bisa didapat dari aplikasi eLangsung Club yang sudah bisa didownload di Playstore. 

Baca juga : OLX Autos IMX 2022 Siapkan Dua Mobil Supergiveaway Bagi Pengunjung

Untuk setiap produk eLangsung telah disiapkan barcode yang bisa dipindah (scan). Setiap scan akan berisi hadiah uang mencapai Rp500 ribu. Menariknya, scan QR Code bisa dilakukan dua kali khusus untuk pemilik (owner) bengkel dan untuk mekanik yang memasangkan spare parts. Status pemilik bengkel atau mekanik ditentukan saat awal mereka mendaftar di aplikasi eLangsung Club.  

Untuk pembuktian, para pemilik bengkel dan mekanik yang hadir melakukan simulasi Scan QR dari beberapa produk spare parts eLangsung yang dibagikan gratis sebagai souvenir. Benar saja, mimik wajah para tamu dipenuhi senyuman setelah mendapat poin hingga bonus uang dari Scan QR. 

Dalam gathering itu, beberapa bengkel yang sudah melihat dan membuktikan kualitas produk serta skema bisnis yang ditawarkan tidak pikir panjang untuk bertransaksi menjadi member Gold eLangsung. 

Salah satunya Sutiyo, owner bengkel Metal Motor yang berlokasi di Warakas, Jakarta Utara. Menurutnya, produk eLangsung layak ditawarkan ke konsumen karena punya kualitas dan harga yang kompetitif.

"Produknya bagus, sebelumnya baru diperkenalkan merek ini, dan sekarang saya lihat langsung produk-produknya dan memang bagus, rapi, packagingnya menarik. Makanya saya tertarik untuk coba dan tawarkan ke konsumen bengkel saya," kata Sutiyo.

Hal senada juga disampaikan Anto, pemilik bengkel Family Motor di Kemayoran, Jakarta Pusat. "Setelah saya lihat dari barangnya sangat berkualitas dan bisa dibilang kayak suku cadang premium. Harganya pun murah. Makanya saya tertarik," terang Anto yang langsung bertransaksi untuk menjadi member Gold eLangsung. 

Selain kualitas produk dan garansi, hal lain yang membuat para pemilik bengkel tertarik dengan eLangsung adalah skema bisnis yang sudah mengadaptasi era digitalisasi. 

"Yang bikin saya tertarik zaman sekarang kan sudah digital ya, orang maunya simpel gitu, lalu kualitas produknya bagus, dan harga terjangkau," kata Siswanto Napitu, owner bengkel N7 Mandiri Motor Kemayoran. 

"Program-program mereka (eLangsung) juga oke, seperti garansi untuk konsumen. Kita juga percaya diri untuk menawarkan ke konsumen karena ada garansi. Jadi kalau kenapa-kenapa mereka tinggal balik ke bengkel kita ganti. Dan mekanisme ke eLangsungnya juga nggak ribet. Dengan pelayanan seperti ini tentu konsumen juga lebih percaya dengan bengkel kita," tutup Siswanto. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Susanto

Delapan Perusahaan Tarik 102 Ribu Kendaraan dengan Alasan Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 09:35 WIB
Kia Corp, Toyota Motor Corp. dan enam perusahaan lain akan secara sukarela menarik lebih dari 100 ribu kendaraan di Korea Selatan untuk...
Dok. Seven Event

GIIAS The Series 2022 Siap Digelar di Medan

👤RO 🕔Rabu 28 September 2022, 21:36 WIB
Tahun ini 8 merek ternama industri otomotif, yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Mitsubishi Motors, Toyota, dan Wuling, dipastikan...
Dok. BMW Group Indonesia

MOCI Rayakan Setengah Abad BMW M di BMW Welt Munich

👤RO 🕔Rabu 28 September 2022, 19:25 WIB
Dalam rangka merayakan 50 tahun BMW M, BMW MOCI menghadirkan 50 unit BMW M ataupun BMW M Performance dan diikuti lebih dari 110 members...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya