Kamis 15 Juli 2021, 16:06 WIB

Kiat Merawat Mobil dari Suzuki

mediaindonesia.com | Otomotif
Kiat Merawat Mobil dari Suzuki

Suzuki Indomobil Sales
.

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat penggunaan mobil  juga jadi berkurang. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu yang lama berpotensi mengurangi kinerjanya dalam jangka panjang.

Menurut Assistant to Service Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, perawatan dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah. Selain mudah dilakukan, merawat mobil di rumah juga bermanfaat untuk menjaga kinerja mobil dan mengisi waktu melalui kegiatan yang positif.

“Perawatan mobil di rumah ini dapat dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan karena cukup mudah. Kondisi mobil yang sehat, bersih, dan terjaga akan membuat kinerja mobil optimal, membawa kepuasan tersendiri, serta meningkatkan daya tarik mobil dari sisi nilai jual," ujar Hariadi, Kamis (15/7).

Memanaskan mesin secara teratur

Mesin mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil secara rutin sangat penting dengan rentang beberapa hari sekali. Kegiatan ini juga bisa untuk mengetahui adanya masalah lain melalui suara dan getaran agar bisa mendeteksi lebih dini bila ada kejanggalan. 

Periksa kebersihan area ruang mesin

Meskipun sudah dilengkapi kap mesin, terkadang masih bisa kita dapati adanya kotoran yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain. Kondisi ini lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Oleh karena itu sebaiknya rutin memeriksa area ruang mesin dan bersihkan jika perlu.

Amati keadaan di area bawah mobil

Bagian yang jarang terpantau seperti area bawah mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Cara termudah adalah dengan mengamati lantai terutama di bagian bawah ruang mesin.

Bila ada tetesan cairan, pastikan jenis cairannya apakah pelumas mesin, minyak rem, pelumas transmisi, atau radiator coolant, kemudian segera konsultasikan kepada pihak bengkel resmi.

Rotasikan ban dalam jarak dekat 

Mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban, sehingga bisa membuat bentuk ban berubah menjadi rata hanya pada bagian yang hanya terkena beban. Untuk mencagah hal itu sebaiknya pemilik mobil meluangkan waktu untuk mengendarai mobilnya di sekitar tempat tinggal dengan jarak yang pendek.

Perhatikan lokasi parkir

Bagian eksterior memiliki porsi sangat besar terhadap visual kendaraan. Langkah utama adalah pemilihan lokasi parkir yang aman. Hindari memarkir di bawah pohon. Meskipun teduh, pohon berpotensi merusak cat dan bodi kendaraan, mulai dari getah yang sulit dihilangan hingga risiko kejatuhan dahan yang patah.

Cuci bagian eksterior
 
Cucilah bagian eksterior mobil secara berkala. Selain itu, segera hilangkan bekas kotoran atau getah yang menempel. Dengan demikian, tampilan cat mobil akan terjaga dengan baik dan menarik untuk dilihat.

Jaga kebersihan dan kesegaran ruang interior
 
Kebersihan dan kesegaran aroma ruang kabin sangat menunjang suasana saat berkendara. Selain eksterior, bersihkan juga bagian interior, panel interior, dan jika perlu sedot debu menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Penyemprotan kabin menggunakan cairan disinfektan setelah bepergian juga diperlukan saat ini terutama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Pastikan bahan bakar pada kapasitas yang cukup

Biasakan untuk meninggalkan mobil dalam kondisi kapasitas bahan bakar yang cukup, minimal setengah dari kapasitas maksimum tangki bahan bakar. Hal tersebut akan bermanfaat saat mobil akan digunakan tanpa harus banyak membuang waktu antre untuk mengisi ulang bahan bakar terlebih dahulu.

Catat dan hubungi nomor darurat

Kejadian tak terduga bisa muncul kapan saja, sehingga sebagai pemilik mobil perlu untuk mencatat dan menghubungi nomor telepon darurat, seperti call center Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 yang siap memberikan pelayanan di saat konsumen membutuhkan bantuan, mengalami kendala maupun keluhan. (S-4)

Baca Juga

HPM

Jelang Seri III ITC 2021 Alvin dan Avila Bahar Kuasai Klasemen

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 22:01 WIB
Pada hari yang sama, digelar pula putaran ketiga dari One Make Race Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge...
ASTRA

Astra Gelar Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 14:41 WIB
Program ini diinisiasi sebagai wujud kepedulian Astra dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman...
Honda

Fitur Kolaborasi Honda-Google Meluncur Tahun Depan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 13:48 WIB
Honda dan Google telah berkolaborasi sejak 2015 dengan industri otomotif yang lebih luas untuk memperkenalkan platform Android ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya