Sabtu 10 Juni 2023, 08:40 WIB

UNS Siap Melaju di Formula Student Automotive Engineers Jepang

Widjajadi | Olahraga
UNS Siap Melaju di Formula Student Automotive Engineers Jepang

MI/Widjajadi
UNS menghadirkan dua mobil balap rancangan mereka yang akan digunakan di dua kompetisi balap formula tingkat internasional.

 

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluncurkan dua mobil balap rancangan tim mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengikuti kompetisi balap formula tingkat internasional. Kedua mobil itu akan digunakan untuk dua kompetisi berbeda yang diikuti oleh dua tim Bengawan Team UNS.

Mobil balap pertama adalah Pancawala II yang akan mengikuti ajang Formula Student Automotive Engineers (FSAE) Jepang 2023, 28 Agustus - 2 September. Pancawala II merupakan pengembangan dari Pancawala I yang akan berkompetisi di kelas Internal Combustion Vehicle.  

Kedua, Nirankara, akan menjajal arena Shell Eco-Marathon di Sirkuit Mandalika, pada 4-9 Juli 2023. Mobil balap ini menyerupai kapsul dan akan diterjunkan di kelas Prototype Gasoline.  

Baca juga: Meski Masih Sulit Berjalan, Bagnaia Mengaku Siap Tampil di GP Italia

Tegar Aryoseno selaku General Manager Bengawan Formula Student UNS menegaskan Pancawala II akan ikut adu balap di Ecopa Stadium, Jepang. "Dalam kompetisi nanti, Pancawala II akan dikendarai Hendrawan Purnama Aji, mahasiswa UNS," tukas Aryoseno.

Pancawala II, kata Aryoseno, merupakan pengembangan dari mobil sebelumnya, Pancawala I yang dirakit tahun 2022. Peluncuran Pancawala II dilakukan di depan Gedung Rektorat Dr Prakosa UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/6), disaksikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ahmad Yunus dan sejumlah wakil rektor, serta pejabat perwakilan Pemkot Solo.

Baca juga: Binder Mengaku Pede Jelang GP Italia

UNS sejak 2016 rutin mengirimkan tim ke kejuaraan di Jepang, hingga 2018. "Pada masa pandemi, kami sempat terputus dari kejuaraan di Jepang yang memang ditiadakan. Dan baru kembali pada tahun ini," katanya.

Begawan Team sebelumnya meraih penghargaan di ajang JAMA Chairman Award pada  2018. Untuk kesiapan berlomba di Jepang, Bengawan Team terus melakukan uji coba Pancawala II agar mendapatkan performa terbaik.  

"Uji coba mobil itu dilakukan di sirkuit di Kabupaten Boyolali. Pebalap Hendrawan terus berlatih tiap hari " tegas dia.

Pancawala II menggunakan mesin berkekuatan 400cc dengan kecepatan 100 kilometer per jam lebih. Namun dalam kejuaraan, fokus pada akselerasi. 

Sementara untuk Nirankara, General Manager Bengawan Team UNS Afif Damar Pratisto, mengatakan mobil itu bermodel monosok (monocoque). " Mobil itu yang pertama dibuat tim, hasil rancang bangun sejak 2022 .Dalam kompetisi yang akan kami ikuti nanti kami mentargetkan bisa mencapai 500 kilometer per liter," lugas dia. (Z-3)
 

Baca Juga

Antara

Mandalika Dipastikan Kembali Gelar Balap Moto GP di 2024

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 29 September 2023, 12:55 WIB
Sirkuit Internasional Mandalika kembali dipastikan akan kembali menyelenggarakan kompetisi balap motor Moto GP musim...
ANTARA/AHMAD SUBAIDI

Dukungan Mengalir untuk Mudahkan Penonton Saksikan GP Indonesia

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 29 September 2023, 11:23 WIB
ASDP dan Garuda Indonesia memberi dukungan untuk kelancaran GP Indonesia...
AFP/Toshifumi KITAMURA

Marquez Abaikan Rumor akan Hengkang dari Honda di Musim 2024

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 29 September 2023, 10:43 WIB
Marquez mengaku masih percaya diri dengan performanya di tim pabrikan Honda, walaupun awal musim ini cukup menantang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya