Kamis 17 November 2022, 09:55 WIB

Djokovic Dipastikan Ikut Australia Terbuka 2023

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Djokovic Dipastikan Ikut Australia Terbuka 2023

AFP
Novac Djokovic

 

Juara grand slam 21 kali Novak Djokovic dipastikan dapat mengikuti turnamen grand slam Australia Terbuka 2023. Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Mentri Imigrasi Australia Andrew Giles yang menyatakan negaranya telah membuka pintu untuk Djokovic.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Djokovic dideportasi dari Australia pada tahun lalu dikarenakan petenis Serbia itu tidak bersedia melakukan vaksinasi covid-19. Pemulangan paksa Djokovic itu pun membuat dia gagal tampil di Australia Terbuka 2022 dan tidak bisa mempertahankan gelar juaranya.

Tetapi dengan pelonggaran yang signifikan dalam pembatasan pandemi sejak itu, Andrew Giles mengatakan orang Serbia yang tidak divaksinasi sekarang boleh kembali ke Australia.

"Sejak pembatalan visa Djokovic pada Januari 2022, semua pembatasan perbatasan Australia terkait covid-19 telah dihapus, termasuk persyaratan untuk memberikan bukti status vaksinasi covid-19 untuk memasuki Australia," kata Giles dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP, KAmis (17/11).

Demi menjamin bahwa Djokovic dapat masuk ke Australia, Giles menyatakan pihaknya akan memberika jaminan visa untuk Djokovic. "Tuan Djokovic kemudian akan diberikan visa sementara untuk memasuki Australia," jelasnya.

Mengetahui dapat kembali bertarung di Australia Terbuka 2023, Djokovic mengaku gembira. Kini dia dipastikan dapat memburu title Australia Terbuka ke-10 kalinya.

"Saya sangat senang menerima kabar kemarin. Melegakan," kata Djokovic. "Sungguh melegakan mengetahui kabar ini, setelah apa yang saya dan orang-orang terdekat saya lalui tahun ini, termasuk apa yang terjadi di Australia dan pasca-Australia," ucapnya.

Selain dapat memburu gelar juara Australia Terbuka ke-10 kalinya pada tahun depan, turnamen grand slam pembuka musim itu juga dapat menjadi peluang Djokovic untuk mengangkat trofi grand slam ke-22 kalinya.

Jika melihat penampilan Djokovic yang belum terkalahkan melawan petenis top dunia di turnamen ATP Finals 2022 yang saat ini sedang berlangsung, nampaknya buka tidak mungkin Djokovic akan melangkah jauh di Australia Terbuka yang bakal dimulai Januari mendatang. (AFP/OL-12)

Baca Juga

Antara

Tim Wushu Junior Indonesia Penuhi Target Medali Emas

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:37 WIB
Tambahan medali tersebut membuat Indonesia sementara memimpin klasemen dengan mengoleksi 6 emas dan 1...
Antara

Indonesia Tambah Emas di Kejuaraan Wushu Junior

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:11 WIB
Tambahan emas disumbangkan Ivana Beatrice dan Thalia Marvelina...
AFP/MAURO PIMENTEL

F1 akan Gelar Enam Sprint Race Musim 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:03 WIB
Balapan sejauh 100 kilometer itu telah menjadi tontonan tambahan yang populer pada sepanjang akhir pekan Grand Prix sejak diperkenalkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya