Senin 18 Juli 2022, 13:09 WIB

Joshua Cheptegei Pertahankan Gelar Dunia Lari 10.000 Meter Putra

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Joshua Cheptegei Pertahankan Gelar Dunia Lari 10.000 Meter Putra

AFP/Ben Stansall
Pelari jarak jauh Uganda Joshua Cheptegei

 

PELARI jarak jauh Uganda, Joshua Cheptegei, mempertahankan medali emas nomor 10.000 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik 2022 di Hayward Field, Oregon, Amerika Serikat, Minggu (17/7) waktu setempat.

Cheptegei sukses meraih emas dengan penampilan dominan. Dia memegang kendali penuh ritme sejak awal hingga akhirnya mampu memimpin dengan catatan waktu 27 menit 27,43 detik.

Stanley Waithaka Mburu dari Kenya meraih perak di nomor 10.000 meter tersebut dengan membukukan 27 menit 27,90 detik. Medali perunggu diperoleh pelari Uganda lainnya, Jacob Kiplimo, yang menorehkan waktu 27 menit 27,97 detik.

Cheptegei mengatakan pertandingan itu baginya sangat emosional karena dia bisa kembali berlaga di Hayward Field. Ia mengenang ketika memulai karir internasionalnya di Kejuaraan Dunia Junior delapan tahun lalu di sana.

"Sangat emosional bagi saya untuk kembali ke Amerika Serikat, ke tempat di mana saya memulai karir internasional saya pada 2014," kata Cheptegei.

Baca juga : AS Sapu Bersih Medali Nomor Lari Sprint 100 M Putra

"(Gelar) ini sangat berarti bagi saya. Sekarang saya ingin melanjutkan dominasi saya dalam lari jarak jauh dan saya berharap saya akan mencapainya," imbuhya.

Pelari tuan rumah Grant Fisher menempati peringkat keempat. Sementara itu, juara Olimpiade Tokyo Selemon Barega (Ethiopia) harus puas finis di urutan kelima.

Di nomor lontar martil, Amerika Serikat hampir menyapu bersih medali. Brooke Andersen meraih emas dan Janee Kassanavoid menyumbang perunggu. Emas dari Andersen menjadi yang ketiga bagi tuan rumah.

Andersen berhasil mencatatkan lemparan 78,96 meter untuk menyabet kemenangan. Sementara itu, medali perak diraih atlet Kanada, Camryn Rogers, dengan lemparan 75,52 meter. Adapun Kassanavoid di tempat ketiga dengan 74,86 meter. (AFP/OL-7)

Baca Juga

AFP/Minas Panagiotakis

Alcaraz Langsung Tersingkir di Babak Pertama Montreal

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:15 WIB
Dia tersingkir pada putaran pertama setelah kehilangan match point pada set kedua dan memberikan kemenangan 6-7(4), 7-6(7), 6-3 atas...
AFP

Zverev Fokus Pemulihan Jelang US Open

👤Ant 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:07 WIB
 Ia baru saja menjalani operasi pada ligamen pergelangan kakinya yang robek saat tampil di French...
dok.ist

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Targetkan Juara di Kejuaraan Parabadminton Internasional

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:43 WIB
INDONESIA kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Para badminton level dunia. Bertajuk FOX’S Indonesia Parabadminton International...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya