Kamis 21 April 2022, 14:19 WIB

Maruli Ingin Tingkatkan Prestasi Judo Indonesia

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Maruli Ingin Tingkatkan Prestasi Judo Indonesia

DOK IST
Ketum PJSI Maruli Simanjuntak (kiri) dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari di Ciloto, Jawa Barat, Rabu (20/4).

 

KETUA Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Maruli Simanjuntak, resmi masuk dalam jajaran pengurus Federasi Judo Internasional (IJF). Pria yang menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu ditunjuk sebagai Director Commissioner of the IJF Military and Police Commission (Direktur Komisaris Komisi Militer dan Polisi IJF).

Jabatan yang diemban Maruli merupakan posisi penting dalam IJF di mana salah satu fungsinya adalah melakukan supervisi implementasi judo di kepolisian dan struktur militer di seluruh dunia.

Kehadiran Maruli sebagai perwakilan pertama Indonesia di IJF, tentu berdampak positif bagi judo Tanah Air. Dengan jabatan tersebut, Maruli menyatakan ingin menggairahkan kembali olahraga Judo di militer, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi olahraga Judo di Indonesia.

"Kita banyak memiliki atlet potensial, dan di antaranya adalah dari kalangan militer. Untuk itu, saya juga ingin menggairahkan kembali olahraga judo ini di militer," kata Maruli, Rabu (20/4).

"Terlebih, kita bisa mendapatkan fasilitas latihan di Cilodong dari TNI,  ini juga merupakan tekad saya untuk dapat meningkatkan prestasi olahraga judo Indonesia,” sambungnya.

Baca juga: Menpora Harap Judo Indonesia Tampil di Olimpiade

Sebagai informasi, militer Indonesia memiliki atlet-atlet judo berpotensi dan salah satunya ialah Ni Kadek Anny Pandini. Perempuan yang berdinas di Jasdam IX/Udayana ini sudah langganan naik podium SEA Games.

Kiprah pertamanya di SEA Games 2011 kala ia menyumbangkan medali perak. Pada 2013, Anny berhasil memberikan perunggu dan sukses tersebut berlanjut kala ia mempersembahkan emas untuk Indonesia di SEA Games 2017. Pada 2019, Anny juga sukses menaiki podium tertinggi di Filipina di kelas 57 kg putri.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menyambut positif masuknya Maruli ke dalam kepengurusan IJF. Okto mengatakan dengan masuknya Maruli dalam kepengurusan IJF, diharapkan Prestasi Judo Indonesia dikancah dunia semakin gemilang. (R-3)

Baca Juga

Antara

Sektor Ganda Putra Tumpuan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 15 Agustus 2022, 17:31 WIB
Dengan perkembangan positif yang terus diukir sektor ganda putra, PP PBSI kembali menargetkan ganda putra untuk merebut gelar juara dalam...
DOK> PBESI

Piala Presiden Esports 2022 Diharapkan Munculkan Atlet yang Mampu Harumkan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ketua Harian PBESI Komjen (Pol) Bambang Sunarwibowo mengumumkan, babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan...
AFP/ROSLAN RAHMAN

Ginting Tegaskan tidak Kapok Hadapi Axelsen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:15 WIB
Ginting, yang tampil sebagai unggulan keenam, menempati pool atas bersama peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu dan berpeluang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya