Selasa 08 Maret 2022, 13:26 WIB

Zverev Dikenai Sanksi Percobaan Terkait Insiden di Meksiko Terbuka

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Zverev Dikenai Sanksi Percobaan Terkait Insiden di Meksiko Terbuka

AFP/MARCOS DOMINGUEZ
Alexander Zverev memukul kursi wasit dengan raket seusai kalah pada laga babak pertama nomor ganda di turnamen tenis ATP 500 Acapulco.

 

PETENIS Jerman Alexander Zverev dijatuhi sanksi percobaan menyusul perbuataannya di turnamen tenis Meksiko Terbuka 2022.

Dalam insiden tersebut, Zverev melakukan perbuatan tidak sportif dengan memukulkan raketnya ke kursi wasit usai pertandingannya di nomor ganda, yang juga membuatnya diskualifikasi dari turnamen itu bulan lalu.

Dalam sanksi masa percobaan yang dijatuhi Asosiasi Tenis Putra Profesional (ATP), Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu terancam dilarang bermain di seluruh acara yang disetujui ATP selama delapan pekan dan didenda tambahan sebesar USD25 ribu (sekitar Rp359 juta).

Namun, larangan bertanding dan denda tambahan akan ditangguhkan asalkan Zverev tidak melakukan pelanggaran lebih lanjut dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 22 Februari 2023.

Pelanggaran lebih lanjut yang dimaksudkan ATP yakni, perilaku tidak sportif berdasarkan suatu tindakan, seperti perilaku tidak sopan atau agresif yang ditujukan kepada ofisial, lawan, penonton, atau orang lain selama atau setelah akhir pertandingan.

Baca juga: Dominic Thiem Mundur dari Indian Wells Masters dan Miami Terbuka

Selain itu Zverev juga dilarang mrlakukan pelecehan Verbal atau Fisik terhadap ofisial, lawan, penonton, atau orang lain mana pun saat di lapangan.

"Jika persyaratan dipenuhi, hukuman akan dibatalkan secara resmi setelah selesainya masa percobaan," kata ATP dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP Selasa (8/3).

"Jika persyaratan tidak terpenuhi, hukuman akan diterapkan setelah proses banding selesai," jelasnya.

Zverev mengejutkan dunia tenis dalam perjalanannya di Meksiko Terbuka bulan lalu setelah memukul raketnya beberapa kali ke kursi wasit Alessandro Germani setelah melakoni pertandingan ganda.

Dia juga melontarkan serangan verbal yang melecehkan wasit setelah Zverev dan rekannya Marcelo Melo tersingkir, membuatnya didiskualifikasi dari turnamen.

ATP mengatakan tinjauan perilaku Zverev menemukan dia telah melakukan "perilaku yang diperparah" di bawah aturan perilaku yang diterapkan ATP.

Zverev telah mengeluarkan permintaan maaf ke publik menyusul diskualifikasi Acapulco-nya, dengan mengatakan perilakunya "tidak dapat diterima."

"Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa saya menyesali perilaku saya selama dan setelah pertandingan ganda kemarin," tulis Zverev.

"Saya secara pribadi telah meminta maaf kepada wasit kursi karena ledakan saya terhadapnya salah dan tidak dapat diterima," imbuhnya.

Zverev dijadwalkan akan bermain di turnamen ATP/WTA Indian Wells, yang akan berlangsung di California akhir pekan ini. (Rif/AFP/OL-09)

Baca Juga

AFP/Minas Panagiotakis

Alcaraz Langsung Tersingkir di Babak Pertama Montreal

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:15 WIB
Dia tersingkir pada putaran pertama setelah kehilangan match point pada set kedua dan memberikan kemenangan 6-7(4), 7-6(7), 6-3 atas...
AFP

Zverev Fokus Pemulihan Jelang US Open

👤Ant 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:07 WIB
 Ia baru saja menjalani operasi pada ligamen pergelangan kakinya yang robek saat tampil di French...
dok.ist

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Targetkan Juara di Kejuaraan Parabadminton Internasional

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:43 WIB
INDONESIA kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Para badminton level dunia. Bertajuk FOX’S Indonesia Parabadminton International...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya