Selasa 16 November 2021, 14:37 WIB

Kento Momota Terus Melaju di Indonesia Masters Usai Bungkam Tommy Sugiarto

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Kento Momota Terus Melaju di Indonesia Masters Usai Bungkam Tommy Sugiarto

Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP
Kento Momota

 

PEBULU tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto gagal memantapkan langkahnya menuju babak 16 besar Indonesia Masters 2021, usai kalah atas unggulan pertama Kento Momota, Selasa (16/11).

Melakoni pertandingan selama 44 menit di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali. Tommy harus mengakui keunggulan Momota dengan skor akhir 21-11 dan 21-16.

Sepanjang pertandingan sejatinya Tommy bermain cukup baik, di mana pebulu tangkis berusia 33 tahun itu memulai pertarungan dengan ketat. Sempat tertinggal 3-8, serangan demi serangan terus diluncurkan Tommy untuk menipiskan ketertinggalan menjadi 7-8.

Sialnya kesalahan sendiri yang terus dibuat oleh Tommy membuat Momota berhasil menjauhkan jarak untuk unggul pada interval pertama 11-7.

"Di set awal saya sudah mencoba mengontrol Kento tapi dia juga bisa mengontrol balik, dan pas dia sudah mengotrol balik itu sangat sulit bagi saya untuk keluar dari tekanan itu, karena dia mengontrol ritme permainan dengan baik," ucap Tommy usai pertandinggan, Selasa (16/11).

Pada pertandingan set kedua Tommy sebenarnya memulai permainan dengan luar biasa di mana dia unggul dengan kedudukan 6-1, dan terus menjauh hingga kedudukan 9-3.

Baca juga: Ganda Campuran Eko/Mastia Terhenti di Putaran Pertama Indonesia Masters

Sayangnya keunggulan itu tak dapat bertahan lama, setelah Momota berhasil menipiskan jarak menjadi 7-11, dan terus tampil agresif untuk membalikkan kedudukan 14-12.

Mengalami masalah pada bagian jari tangannya yang membuat Tommy menerima pertolongan medis, Tommy pun mulai kehilangan permainan terbaiknya membuatnya semakin jauh tertinggal 13-18, sebelum akhirnya smash keras Momota menutup pertandingan dengan skor akhir 21-16.

"Sebenrnya di set kedua saya juga sempet ada peluang, tapi saya tidak bisa memanfaatkan peluang itu," ucap Tommy.

"Pas jeda set kedua saya juga ada masalah sedikit di jari saya, jari saya ada luka dan agak menggganggu sepanjang permainan membuat lawan berkesempatan mengejar poin, dan itu cukup merusak ritme permainan saya di set kedua," jelasnya.

Sementara itu, Momota menyebutkan bahwa pertandingannya melawan Tommy bukanlah pertarungan yang mudah. Menurut Momota menghadapi pemain Indonesia di turnamen yang digelar di Indonesia selalu menjadi pertarungan yang sulit.

"Melawan atlet Indonesia di Indonesia sendiri bukan hal yang mudah. Karena atlet Indonesia kalau sudah main di kandang sendiri jauh lebih jago. Tentu saya senang dengan kemenangan ini," kata Momota.

Atas hasil tersebut adapun Momota berhak atas satu tempat di babak 16 besar, dan dijadwalkan akan berhadapan dengan pemenang antara pebulu tangkis Jepang Kanta Tsuneyama atau pebulu tangkis India Lakshya Sen. (OL-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

Fajar/Rian Berusaha Tampil tanpa Beban di Kejuaraan Dunia 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut pasangan peringkat kelima dunia, persaingan di sektor ganda putra semakin ketat. Namun, Fajar/Rian optimistis meraih gelar juara di...
Dok. Kemenpora

DI Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Akui Bangga Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:35 WIB
Presiden Joko Widodo merasa bangga karena selain sukses penyelenggaraan, kontingen Indonesia juga sukses meraih gelar tertinggi yakni juara...
Antara

Ikut Kompetisi FIBA, Timnas Basket U-18 Putri Langsung TC 

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:02 WIB
Mengingat, FIBA U-18 Women's Asian Championship 2022 di Bengaluru, India, tinggal berlangsung sebentar lagi, yakni pada 5-11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya