Sabtu 14 Agustus 2021, 16:27 WIB

Mendikbudristek Salut dengan Keberanian Peserta Festival Catur

Budi Ernanto | Olahraga
Mendikbudristek Salut dengan Keberanian Peserta Festival Catur

MI/BUDI ERNANTO
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memberi sambutan di Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021, Sabtu (14/8).

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim akhirnya membuka Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021, Sabtu (14/8). Festival catur yang dilaksakan secara online itu, diikuti oleh 1.353 pelajar putra dan putri tingkat SD-SMA dari sekitar 800 sekolah di 24 provinsi di Tanah Air.

Dalam sambutannya, Nadiem mengaku gembira ajang yang digelar bersama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) benar-benar bisa terlaksana. Apalagi saat ini pandemi covid-19 belum usai.

"Saya salut atas terselenggaranya acara ini,” kata Nadiem. "(Para peserta) jangan takut kalah. Dengan keberanian adik-adik mengikuti acara ini, sudah keberanian yang luar biasa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021, Budiyanto Gunawan ,menjelaskan, turnamen kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya pada 2019, BPK Penabur menyelenggarakan turnamen tatap muka. Karena ada pandemi, pada 2020 dan 2021, turnamen dilakukan secara online. Meski digelar secara online, turnamen kali ini tetap bergengsi karena wasit-wasit yang diterjunkan tetap berkualitas internasional dari PB Percasi.

Sedangkan Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi menegaskan, BPK Penabur, PB Percasi, dan SCUA akan terus berkolaborasi untuk membangun olahraga catur di Tanah Air. Adri menambahkan, ajang kali ini juga sejalan dengan tema HUT ke 71 BPK Penabur, yaitu Berbagi dan Berdampak Bagi Sesama. Melalui catur, diharapkan tumbuh bibit- bibit baru yang kelak bisa membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020: Hadiah Bulan Kemerdekaan Indonesia

Pada saat yang sama Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang juga ikut hadir dalam acara pembukaan ikut memberikan strategi dasar dari catur kepada peserta dan menuturkan beberapa contoh pecatur negara lain yang patut ditiru perjuangannya untuk bisa mencapai level dunia.

Sementara pembicara talkshow lainnya Gus Imam Pituduh yang juga Wakil Sekjen PB NU menyampaikan rasa salutnya gelaran Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur ini bisa digelar dengan melibatkan ribuan pelajar dari seluruh Indonesia. Menurutnya turnamen yang diselenggarakan sangat luar biasa dan pihaknnya juga akan menawarkan kerjasama dengan PB Percasi untuk bisa menggelar kompetisi untuk para santri.

Adapun Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 dimulai dengan babak kualifikasi selama dua hari hingga Minggu (15/8) dan partai puncak berlangsung pada 22 Agustus. Turnamen ini menggunakan Protocol FIDE yaitu ketentuan diterapkan di turnamen catur online. (R-3)

Baca Juga

AFP/Kazuhiro Nogi.

Teknik Dasar Macam-Macam Pukulan dalam Olahraga Bulu Tangkis

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 08 Agustus 2022, 18:19 WIB
Lantas, apa saja teknik pukulan yang terdapat dalam permainan bulu tangkis? Simak ulasan berikut...
MI/WIDJAJADI

NPC Indonesia Langsung Kebut Pelatnas Asian Para Games

👤Widjajadi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:27 WIB
Nasib Asian Para Games akan sangat bergantung pada kelancaran Asian Games yang digelar di Hangzhou,...
AFP/Patrick Smith

Nick Kyrgios Raih Gelar Juara ATP Ketujuh

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:10 WIB
Petenis 27 tahun itu mengalahkan Nishioka 6-4, 6-3 untuk meraih lagi gelar ATP pertamanya sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya