Rabu 24 Maret 2021, 16:03 WIB

KOI: Indonesia Masih Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
KOI: Indonesia Masih Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

AFP
Ilustrasi logo Olimpiade yang terpasang di wilayah Tokyo, Jepang.

 

KETUA Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 masih terbuka lebar.

Sebelumya, beberapa media asing mengabarkan bahwa Brisbane, Australia, telah dipilih oleh International Olympic Committe (IOC) untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. IOC disebut telah menjadikan Brisbane sebagai pilihan utama dalam urutan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, atau preferred dialogue.

Ditegaskan oleh Okto, sapaan akrabnya, bahwa preferred dialogue yang diberikan IOC untuk Brisbane bukan mengartikan bahwa wilayah di Australia itu resmi terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Namun, Brisbane sudah berada di atas Indonesia terkait persiapan pencalonan.

Baca juga: Dua Wakil Indonesia Lolos Babak Pertama Orleans Masters

"Sekarang itu model pemilihan sangat berbeda. Karena untuk pertama kalinya tidak mengunakan beuty contest. Namun, menggunakan dialog tertuju (preferred dialogue) atau komunikasi yang dilanjutkan (continuous dialogue)," papar Okto dalam sebuah seminar, Rabu (24/3).

"Kalau saat ini, kenapa Brisbibe sudah preferred dialogue? Ya karena mereka lebih awal, sementara kita masuk ke tahap continuous dialogue. Perlu saya sampaikan, itu buka penentu, karena masih panjang juga perjalananya," tukas Okto.

Baca juga: Atlet yang tidak Divaksin akan Kesulitan di Olimpiade

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa belum ada negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Pihaknya pun masih berupaya keras agar Indonesia dapat menyusul Brisbane ke tahap preferred dialogue.

"Sampai hari ini, belum ada negara yg terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Yang ada, negara masuk dialog tertuju, yaitu Brisbane, dan dialog yang dilanjutkan, yaitu Indonesia," imbuhnya.

"Perjalanan belum selesai, jadi mohon dukungannya. Kita akan terus bersaing memberikan yang lebih baik. Salah satunya, komunikasi yang lebih intensif dengan IOC," tutup Okto.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP/Andreas Solaro

'Pecco' Bagnaia Rebut Pole Position MotoGP Emilia-Romagna

👤Widhoroso 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:22 WIB
PEMBALAP tim Ducati Francesco Bagnaia kembali menunjukkan kehebatannya di ajang...
AFP

Penjualan Tiket WSBK Mandalika Telah Dibuka

👤Widhoroso 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:50 WIB
TIKET ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, hari ini resmi dijual. Penjualan dibuka serentak...
AFP

Praveen/Melati Gagal Tembus Final Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:41 WIB
USAHA keras ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti meraih tiket ke final turnamen bulutangkis Denmark Terbuka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya