Jumat 24 Maret 2023, 21:05 WIB

Pj Bupati Flotim Kunjungi dan Serahkan Bantuan ke Lansia Tunanetra yang Tinggal di Hutan

Fransiskus Gerardus Molo | Nusantara
Pj Bupati Flotim Kunjungi dan Serahkan Bantuan ke Lansia Tunanetra yang Tinggal di Hutan

Metro tv/Fransiskus Gerardus Molo
Pj Bupati Flotim Doris Alexander Rihi (baju putih) mengunjungi lansia yang tinggal di gubuk reot di hutan Desa Aransina, Flotim, NTT.

 

PENJABAT Bupati Flores Timur (Flotim) Doris Alexander Rihi mengunjungi lansia yang hidup sebatang kara di gubuk reot di hutan untuk menyerahkan bantuan berupa sejumlah uang tunai.

Saat menyerahkan bantuan kepada Tomas Duli Soge, warga Desa Aransina, Kecamatan Tanjung Bunga, Flotim itu, Doris meminta Dinas Sosial Kabupaten Flotim segera mencarikan lahan dan segera memindah lansia tersebut.

Tomas, 90, pria lansia tunanetra itu tinggal sebatang kara di gubuk reyot tua beratapkan daun lontar. Pria renta itu menetap di kebun di Kampung Lewokoli, Desa Aransina. 

Baca juga: Lansia Tunanetra Ini Hidup Sebatang Kara di Hutan Flores Timur

Dia sudah tinggal sendiri di gubug reot berukuran 2x3 meter itu selama 70 tahun. Dia tinggal di hutan lantaran tidak memiliki keluarga atau kerabat. Lahan yang ditempati merupakan lahan milik warga.

Untuk makan, Tomas hanya mengandalkan bantuan warga di sekitar tempat tinggalnya. Fisiknya sudah lemah dengan kedua matanya sakit dan tidak bisa melihat. 

“Kondisinya memprihatinkan. Dia memilih hidup seorang diri selama  bertahun-tahun di tempat yang sangat tidak layak,” kata Doris saat mengunjungi Tomas didampingi Plt Sekda Petrus Pedo Maran bersama sejumlah Kepala OPD lainnya, Sabtu (18/3).

Baca juga: Jelang Semana Santa dan Lebaran, Ruas Jalan di Kota Larantuka Diperbaiki

Meski hujan gerimis, Doris bersama Ketua TP PKK Kabupaten Flotim Stefani Sri Mutarti Rihi menyempatkan mengunjungi Tomas melewati jalan yang terjal dan licin dengan dipayungi oleh ajudannya. Beberapa pejabat juga nampak menggunakan payung untuk berteduh.

“Saya minta Pak Plt Sekda mengonfirmasi Kadis Sosial untuk mengevakuasi kembali ke kampung biar ada yang mengurus,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Aransina, Yohanes Enu Koten, menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Bupati Flotim karena telah berkunjung melihat langsung warganya yang memilih hidup di hutan selama 70 tahun dan menyerahkan bantuan.

Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat terhadap Tomas yang kondisi rumahnya tidak layak dan membutuhkan perhatian pemerintah. Karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja ekonominya serba kekurangan.

"Saya, atas nama Kepala Desa Aransina, sangat berterima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati Flores Timur. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian bapak penjabat bupati," tandasnya. (Z-1)

Baca Juga

Antara

Benih Palsu Padi Dominasi Pasar Nasional. Waduh!

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 29 September 2023, 22:30 WIB
BENIH palsu padi mendominasi pasar benih tanaman pangan di masyarakat. Peredaran benih tidak terstandar itu jumlahnya mencapai 80% di pasar...
MI/Naviandri

Pegadaian Jawa Barat Perluas Pelayanan

👤Naviandri 🕔Jumat 29 September 2023, 21:43 WIB
Pegadaian membuka layanan baru dengan Point of Sales Pegadaian. Yaitu satu  jenis outlet yang melayani nasabah untuk bertransaksi...
MI/Kristiadi

Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

👤Kristiadi 🕔Jumat 29 September 2023, 21:05 WIB
MUSIM kemarau panjang menyebabkan susutnya debit air di kawasan objek wisata alam Situ Gede di Kelurahan Linggajaya, Kota Tasikmalaya, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya