Rabu 18 Januari 2023, 21:53 WIB

Satu Rumah di Maluku Utara Ambruk akibat Gempa

Sahril Helmi | Nusantara
Satu Rumah di Maluku Utara Ambruk akibat Gempa

DOK Pribadi.
Rumah yang ambruk akibat gempa.

 

SETELAH diguncang gempa 7,1 skala Richter, satu rumah yang baru dibangun di Morotai, Maluku Utara, dilaporkan ambruk. Gempa yang berpusat di 141 kilometer Melonguane Sulawesi Utara itu terjadi pada pukul 15.06 WIT dirasakan hingga ke Provinsi Maluku Utara.

Gempa terjadi di kedalaman 64 kilometer. Gempa ini juga dirasakan cukup kuat di Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Satu rumah warga yang baru dibangun di Desa Sabatei Tua, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, dilaporkan ambruk akibat gempa tersebut. Selain itu, gempa juga membuat sejumlah pegawai di Kantor Bupati Morotai panik berlarian keluar gedung.

Kepanikan warga terjadi juga di suatu pusat perbelanjaan, Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, yang terekam kamera CCTV. Pengunjung mal berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri.

Baca juga: Sopir Mobil Kabur usai Tabrak Wanita Menyeberang Jalan di Medan

Petugas Operasional Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Ahmadi Muda, menjelaskan, gempa susulan terjadi 18 kali, setelah gempa utama. Rata-rata gempa susulan terjadi di sekitar lokasi gempa utama berkekuatan 3,8 sampai 5,3 skala Richter.

Warga diminta untuk tidak terlalu panik. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya