Selasa 17 Januari 2023, 15:43 WIB

Harga Beras Eceran Di Pasar Cipanas Cenderung Naik

Benny Bastiandy | Nusantara
Harga Beras Eceran Di Pasar Cipanas Cenderung Naik

ANTARA
Ilustrasi

 

HARGA komoditas beras eceran di Pasar Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, relatif naik akhir-akhir ini. Penyebabnya akibat pasokan yang cenderung berkurang.

Heru, pedagang beras di Pasar Cipanas, menuturkan saat ini harga beras premium di kisaran Rp12 ribu per kilogram. Sebelumnya harga di kisaran Rp10.500 per kilogram.

"Memang akhir-akhir ini harga beras terus naik. Sekarang harga beras premium Rp12 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp10.500 per kilogram. Sedangkan harga beras medium kisaran Rp11 ribu per kilogram. Rata-rata memang naik," kata Heru kepada Media Indonesia, Selasa (17/1).

Heru menyebut penyebab naiknya harga beras akibat pasokan yang berkurang. Kondisi cuaca jadi salah satu pemicunya. "Cuaca jadi salah satu penyebabnya. Kemudian panen juga berkurang. Di sisi lain pemakaian juga sedang meningkat," sebutnya.

Meningkatnya pemakaian, sebut Heru, lantaran saat ini masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan bantuan sosial nontunai. Kondisi itu membuat penjualan pun cenderung turun.

"Stok beras juga jadi berkurang karena banyak dialihkan kepada penerima bansos. Jadi masyarakat yang belanja beras ke pasar berkurang. Penjualan turun hampir 20%," jelas Heru.

Di sisi lain, Kepala UPTD Pasar Cipanas Widya Pratiwi menuturkan harga beras sebetulnya relatif stabil. Hasil monitoring di lapangan, harga beras premium kisaran Rp12 ribu dan beras jenis IR kisaran Rp11 ribu per kilogram. "Cenderung stabil sih kalau harga beras," kata Widya.

Namun, lanjut Widya, harga beras jenis medium sempat naik. Penyebabnya karena jalur distribusi yang tersendat akibat dampak gempa. "Sebagain petani juga ada yang terdampak gempa. Tapi sekarang sudah berangsur normal," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya