Senin 16 Januari 2023, 11:50 WIB

Bulog Kalsel Kembali Datangkan 5.000 Ton Beras Asal Sulsel

Denny Susanto | Nusantara
Bulog Kalsel Kembali Datangkan 5.000 Ton Beras Asal Sulsel

dok.mi
Perum Bulog Divre Kalsel mendatangkan beras 10.000 ton dari Sulawesi Selatan untuk operasi pasar, Senin (16/1/2023)

 

PERUM Bulog Divisi Regional Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali mendatangkan beras asal Sulawesi Selatan (Sulsel) sebanyak 5.000 ton. Bulog berencana melakukan operasi pasar khusus beras 10.000 ton, seriring tingginya harga dan kurangnya stok beras jenis lokal di Kalsel.

"Kita kembali mendatangkan beras asal Sulawesi Selatan sebanyak 5.000 ton. Dalam waktu dekat akan tiba di Kalsel," ungkap Kepala Bulog Divre Kalsel, Imron Rosadi, Senin (16/1).

Dikatakan Imron, saat ini Kalsel mengalami kekurangan beras lokal jenis siam akibat kondisi gagal tanam  dan gagal panen, baik akibat cuaca buruk maupun serangan hama.

Kondisi ini juga menyebabkan Bulog tidak dapat menyerap beras petani sepanjang 2022 ini. Sementara musim panen raya di Kalsel diperkirakan akan mulai pada Maret-April 2023.

Demikian juga dengan harga beras di pasaran juga ikut melambung. Terkait hal ini, Bulog Kalsel juga telah mengagendakan kegiatan operasi pasar khusus beras bekerjasama dengan Pemprov Kalsel. "Target operasi pasar beras kita sama seperti 2022 yaitu 10 ribu ton," tambahnya.

Imron juga memastikan stok beras Kalsel aman, walau tidak terlalu besar. Tercatat saat ini stok beras yang ada di gudang Bulog sebanyak 1.000 ton terdiri dari 350 ton beras cadangan pemerintah (CBP) dan 650 ton beras komersil.

Data Dinas Perdagangan Kalsel menyebutkan harga sejumlah kebutuhan pokok di Kalsel masih tinggi. Tercatat beberapa komoditas seperti bawang, gula, terigu dan beras terus mengalami kenaikan. Untuk harga beras medium Rp12 ribu perkilogram, sedangkan harga beras lokal jenis siam mencapai Rp20 ribu perkilogram untuk siam unus dan Rp22 ribu perkilogram untuk siam mutiara.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan pihaknya juga terus membagikan beras secara gratis kepada keluarga miskin yang bersumber dari stok cadangan beras pemerintah. (OL-13)

Baca Juga: Usai Natal Harga Daging Ayam Lokal di Sikka kembali Normal

Baca Juga

Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...
MI/Benny Bastiandy

Angin Kencang Terjang Cianjur, Pohon-Pohon Tumbang

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:11 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, diterjang angin kencang, Sabtu (4/1) pagi. Di sejumlah wilayah dilaporkan terjadi pohon...
MI/Haryanto-HO

Ganjar Rencana Naikan Nominal Bantuan KJS Lagi

👤Haryanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:10 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menaikan nominal bantuan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) sebanyak Rp1,4 juta. Ganjar pun berencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya