Senin 16 Januari 2023, 11:26 WIB

Usai Natal Harga Daging Ayam Lokal di Sikka kembali Normal

Gabriel Langga | Nusantara
Usai Natal Harga Daging Ayam Lokal di Sikka kembali Normal

MI/Gabriel Langga
Pembeli mengantre membeli ayam potong di Pasar Alok, Sikka, NTT yang harganya turun usai Natal dan Tahun Baru 2023, Senin (16/1/2023)

 

HARGA daging ayam potong lokal di pasar tradisional di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, kembali turun usai hari raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Berdasarkan pantauan mediaIndonesia.com, Senin (16/1/2023) di Pasar tradisional Alok, terlihat sejumlah konsumen lebih banyak membeli daging ayam potong lokal. Terlihat pedagang-pedagang ayam memotong daging ayam lokal dengan sigap sesuai pesanan konsumen. Umumnya para pedagang ayam potong di Pasar Alok dari kalangan ibu-ibu.

Ulfa salah satu pedagang ayam potong, mengatakan harga ayam potong lokal sempat melambung mencapai Rp25.000 per kilogram. Kini, harganya turun menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Harganya sudah kembali normal seperti biasanya. Kenaikan harga kemarin itu dampak dari Natal dan tahun baru," ucap Ulfa.

Menurut Ulfa, penurunan harga daging ayam lokal dimungkinkan stok daging ayam di tingkat peternak sangat banyak. " Kemungkinan stok banyak jadi mereka jual murah ke kita. Biasanya setiap per kilogram ayam potong lokal itu kita untung Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogram," ujar dia.

Untuk harga ayam potong beku yang didatangkan dari Jawa, jelas dia, tidak mengalami kenaikan atau penurunan baik hari raya kemarin dan sekarang. Harga ayam potong beku masih dijual dengan harga Rp37.00O perkilogram.

Ulfa menambahkan, setelah harga daging ayam lokal turun di pasar tradisional Alok, pembeli yang mencari daging cukup ramai."Selama hari raya kemarin itu sepi sekali pembelinya karena mereka berpikir dua kali untuk membeli karena daging ayam potong mahal. Tapi sekarang, setelah harga daging ayam potong lokal turun ini, warga kembali membeli daging ayam terutama para pemilik warung," ujar dia.

Sementara itu, salah satu pembeli Elis ditemui di Pasar Alok yang sedang berbelanja daging ayam potong mengatakan, harga daging ayam potong lokal telah mengalami penurunan. Kondisi ini membuatnya senang dan berharap tidak ada lonjakan lagi.

"Pembeli pasti senang sekali kalau harga ayam potong lokal turun. Ya lumayan, sekarang harga daging ayam potong alami penurunan. Semoga tidak lagi alami gejolok karena daging ayam sumber protein," harap dia. (OL-13)

Baca Juga: Memasuki Musim Panen, Harga Cabai Anjlok di Daerah Pantura Jateng

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:32 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta seluruh kepala desa (kades) untuk membuat inovasi langkah pengentasan kemiskinan yang ada di...
Ist

Kopnuspos Berbagi Kasih untuk Para Pensiunan di Kabupaten Belu, NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:29 WIB
Dalam kegiatan ini, dilaksanakan senam sehat pensiunan, pengundian doorprize dan pembagian sembako kepada 325 anggota pensiunan...
ANTARA/Ario Tanoto

Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:27 WIB
BMKG memprediksi sejumlah wilayah berpotensi mengalami kekeringan pertanian di bagian Indonesia Barat hingga Timur serta ancaman karhutla...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya