Minggu 15 Januari 2023, 12:09 WIB

Harga Ayam Pedaging di Aceh Mulai Turun

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Harga Ayam Pedaging di Aceh Mulai Turun

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Aktivitas pedagang ayam pedaging di Pasar Pante Teungoh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh

 

SEJAK sepekan terakhir, harga ayam pedaging di kawasan Provinsi Aceh mulai turun. Penurunan itu diduga karena masa liburan tahun baru 2023 sudah berakhir. Kondisi tersebut mendapat sambutan baik dari pemilik warung nasi, penjual martabak telor, pedagang makanan dan masyarakat.

Di Pasar Ayam Pante Teungoh, Kota Sigli, pada Sabtu (14/1), harga ayam pedaging Rp23.000 per kg (kilogram). Harga tersebut lebih murah dari sebelunya Rp26.000 per kg.

Fitri, pedagang ayam pedaging grosir di Pidie, mengatakan, stok ayam pada pekan lalu beda dengan sekarang. Kalau saat itu persediaan barang tidak begitu banyak, sekarang produksinya cukup memadai. Permintaan saat itu mungkin lebih banyak dari sekarang. Apalagi sebagian peternakan ayam saat liburan tahun baru tidak panen.

"Kalau sekarang barang banyak, permintaan berkurang. Sedangkan sepekan lalu permintaan membludak, tapi pasokan tidak meningkat. Sesuai teori pasar, harga pasti naik saat itu," kata Fitri.

Baca juga: Harga Daging Ayam Di Kota Sukabumi Masif Fluktuatif

Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Banda Aceh, Aceh Besar dan Aceh Tengah. Para penjual ayam potong yang pekan lalu sangat sibuk melayani pelanggan, sekarang mulai reda.

"Kini aktivitas pasar ayam mulai berkurang bila dibandingkan pekan lalu," tutur Nazar, agen ayam pedaging di Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Sabtu (14/1).(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Dewan Dukung Kereta Api di Madura Dihidupkan Kembali

👤Faishol Taselan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:58 WIB
Keberadaan transportasi massal seperti kereta api ini dinilai efektif, efisien dan tepat waktu itu betul-betul sangat menunjang pertumbuhan...
MI/Palce Amalo

Wabup Bantul: Mangrove untuk Upaya Selamatkan Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:26 WIB
Penanaman bibit pohon mangrove di kawasan konservasi mangrove pesisir Baros, Desa Tirtohargo, untuk mendukung upaya penyelamatan...
Ist

Jaga 581 Anak Stunting, Kapolres Grobogan Inisiasi Gerakan Orang Tua Asuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:14 WIB
Gerakan Orang Tua Asuh dilakukan oleh Polres Grobogan, Jawa Tengah dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya