Rabu 11 Januari 2023, 21:43 WIB

Tolak Sengketa Pilkades, Warga Bakar Kantor Desa dan Rumah Cakades

Sahril Helmi | Nusantara
Tolak Sengketa Pilkades, Warga Bakar Kantor Desa dan Rumah Cakades

Metro TV/Sahril Helmi.
Rumah yang dibakar warga.

 

TIGA desa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, serentak menolak hasil sengketa pemilihan kepala desa pada Selasa (11/1) malam. Massa meluapkan emosinya dengan merusak fasilitas umum, bahkan membakar kantor desa dan rumah milik calon kepala desa.

Sejumlah warga Desa Geti, Kecamatan Bacan Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, membakar kantor desa pada Selasa malam. Aksi brutal sejumlah warga ini dilakukan lantaran mereka kecewa dengan putusan hasil sengketa Pilkades.

Hal serupa terjadi di Desa Belang Belang, Kecamatan Bacan. Warga meluapkan emosinya dengan merusak fasilitas umum balai desa, bahkan sejumlah warga lain diduga membakar rumah milik salah satu calon kepala desa yang menang dalam Pilkades bulan lalu tetapi kalah pada saat sengketa Pilkades.

Aksi protes hasil sengketa pemilihan kepala desa juga terjadi di Desa Lalubi, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan. Puluhan warga membakar ban bekas, kayu, dan baliho bergambar Bupati Halmahera Selatan.

Warga emosi lantaran Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan tidak melantik salah satu calon kepala desa Rolan Korompis yang terpilih pada Pilkades bulan lalu. Pemerintah setempat justru akan melantik cakades pemenang kedua yaitu Kelon Hulahi sebagai kepala desa.

Akibatnya, warga melampiaskan kekecewaan mereka dengan membakar ban serta baliho tepat di depan kantor desa setempat pada Selasa malam. Saat ini pihak kepolisian telah terjunkan personel ke masing-masing lokasi kejadian untuk mencegah aksi warga. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya