Selasa 03 Januari 2023, 13:48 WIB

Banjir masih Tinggi, Jalur Pantura Semarang-Demak Macet 5 Km

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir masih Tinggi, Jalur Pantura Semarang-Demak Macet 5 Km

Antara/Yusuf Nugroho.
Sejumlah kendaraan menerobos jalan yang tergenang banjir di jalan Jalur Pantura Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (1/1/2023).

 

LALU lintas jalur pantura Semarang-Demak tersendat akibat banjir masih merendam ruas Kaligawe-Genuk, Kota Semarang, dengan ketinggian air 20-60 sentimeter. Bahkan beberapa truk mogok hingga menimbulkan kemacetan.

Pemantauan Media Indonesia hingga Selasa (3/1) siang, kemacetan arus lalu lintas mencapai lima kilometer. Kemacetan terjadi di beberapa ruas yakni pantura Semarang-Demak, Jalan Wolter Manginsidi, Kota Semarang, dan Jalan Kaligawe Raya yang masih terendam banjir.

Banjir masih merendam jalur pantura Semarang-Demak yakni ruas Kaligawe-Genuk setinggi 20-60 sentimeter juga menyebabkan beberapa truk barang mogok hingga menambah kemacetan. Untuk menghindari banjir, petugas kepolisian mengalihkan kendaraan, baik dari arah barat maupun timur ke jalur lain.

"Macet panjang sejak pagi. Truk-truk besar dari Demak dialihkan ke Jalan Wolter Manginsidi karena banjir masih merendam di Genuk," kata Wandi, 58, warga Genuk, Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan telah meminta bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengatasi banjir di Kota Semarang, terutama wilayah Kaligawe yang hingga kini masih terendam banjir. "Pak Menteri PUPR akan datang menengok banjir di Kota Semarang. Saya menyampaikan kendala dan meminta bantuan pompa portable," ujar Ganjar Pranowo saat kembali meninjau lokasi banjir, Selasa (3/1).

Mengatasi banjir yang masih merendam beberapa wilayah di Kota Semarang, lanjut Ganjar Pranowo, dibutuhkan kerja sama antara pemkot, pemprov, dan Kementerian PUPR. Salah satu upayanya yaitu pinjaman beberapa pompa portable untuk dipasang di beberapa tempat sambil mencari selang yang panjang. 

"Masih ada yang terendam, di antaranya Sawahbesar, Kaligawe, Tambakrejo, dan Sarirejo. Setelah dilakukan pengecekan ternyata pompa air terendam banjir dan volume Sungai Tenggang masih tinggi sehingga tidak dapat membuang air ke sana," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya