Jumat 30 Desember 2022, 23:35 WIB

Ditreskrimsus Polda Kaltara Tangani 26 Kasus Sepanjang 2022

Rahmatul Fajri | Nusantara
Ditreskrimsus Polda Kaltara Tangani 26 Kasus Sepanjang 2022

Dok. Polda Kaltara
Pengungkapan kasus kejahatan oleh Polda Kaltara

 

DIREKTORAT Kriminal Khusus Polda Kalimantan Utara menangani 26 kasus sepanjang 2022. Jumlah kasus itu meningkat 60% dibanding 2021 dengan 16 kasus.

Direktur Kriminal Khusus Polda Kalimantan Utara Kombes Hendy F Kurniawan menjelaskan dari 26 kasus tersebut, 11 kasus masuk tahap dua, 3 kasus masuk tahap satu, 3 kasus diselesaikan lewat restorative justice atau SP3, 2 kasus dalam penyelidikan, dan 6 kasus dalam tahap penyidikan.

Ia mengatakan terdapat kasus besar sepanjang 2022 yang menjadi perbincangan publik karena melibatkan oknum aparat. Ia merinci kasus pertama yakni pengungkapan perkara perdagangan Balpress illegal dari Malaysia.

Kedua, pengungkapan perkara pergadangan kosmetik tanpa izin edar dari kantor Balai POM. Ketiga, pengungkapan perkara tindak pidana korupsi revitalisasi saluran Mansalong.

Keempat, pengungkapan perkara tindak pidana korupsi landscape Malinau. Kelima, pengungkapan tindak pidana korupsi OTT KSOP Tarakan. Keenam, pengungkapan perkara tindak pidana pertambangan ilegal di wilayah Kecamatan Sekatak.

Baca juga : Kejahatan Konvensial Mendominasi Angka Kriminalitas Sulawesi Utara pada 2022

Selanjutnya, pengungkapan perkara BBM yang tidak sesuai dengan dokumen. Kedelapan, pengungkapan pertambangan ilegal di wilayah Kecamatan Sekatak.

Sembilan, pengungkapan perkara tindak pidana penipuan online dengan mengatasnamakan Dirreskrimum Polda Kaltara. Terakhir, pengungkapan penanganan perkara tindak pidana penipuan jual beli mobil online.

Hendy mengatakan pihaknya memiliki keterbatasan personel dalam mengungkap kasus yang ada. Namun, hal itu tidak menjadi alasan dan pihaknya mampu menyelesaikan sejumlah kasus yang menyita perhatian publik.

"Minimnya personel, dimana baru 38 persen, tidak menyurutkan prestasi yang dicapainya. Semua personel bekerja sesuai level competency dan networking sehingga menghasilkan capaian prestasi sesuai tujuan organisasi. Alhamdulilah, berkat anak buah yang hebat, bekerja dalam satu tim yang solid, dapat menunjukan performa terbaik Ditkrimsus Polda Kaltara," kata Hendy, melalui keterangannya, Jumat (30/12).

Hendy mengatakan dinamika pelaksanaan tugas fungsi reserse Kriminal khusus Polda Kaltara pada 2022 ini merupakan gambaran sejauh mana kualitas kinerja penegakan hukum yang telah dilaksanakan. Ia mengatakan tim yang solid serta presisi membuat jajarannya dapat menjalankan tugas dengan baik. (OL-7)

Baca Juga

dok.mi

Kasus ODGJ Grobogan yang Dihamili Ayah dan Adik Kandung Mangkrak

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:27 WIB
KASUS orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Grobogan dua kali dihamili ayah dan saudara kandung menjadi sorotan, namun hingga saat...
MI/Tosiani

Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi untuk Atasi Stunting

👤Tosiani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:15 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaunching beras fortifikasi atau beras bergizi yang diperuntukkan bagi ibu hamil di Magelang....
MI/Beben

Pascagempa, Distribusi Air Bersih PAM di Cianjur belum 100%

👤 Benny Bastiandy 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:00 WIB
Pasca gempa, Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, belum normal pasok air karena penanganan jaringan pipa yang mayoritas mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya