Kamis 29 Desember 2022, 20:20 WIB

Jumlah Pelaku UMKM Di Kota Kendari Naik Signifikan

Rahmat Rullah | Nusantara
Jumlah Pelaku UMKM Di Kota Kendari Naik Signifikan

DOK MI
Ilustrasi

 

JUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2022 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara tumbuh berkembang menjadi dua kali lipat dibanding 2021. Lonjakan itu terjadi setelah dibukanya pendaftaran Online Data System (ODS).

"Sebelum pandemi Covid-19, jumlah UMKM di Kota Kendari sekira 21 ribu. Setelah dibuka pendaftaran online jumlahnya meningkat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota  Kendari, Alda Kesutan Lapae saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (29/12).

Pada 2022 tercatat jumlah UMKM di Kota Kendari mencapai diangka 41 ribu, hal ini dikarenakan Kendari merupakan Kota Jasa. "Di mana masyarakat bertahan hidup dengan menyesuaikannya kondisi lingkungannya. Kota Kendari itu kan kota jasa, jadi untuk bisa  bertahan dalam keadaan apapun Kota Kendari itu harus menghidupkan UMKM dengan cara berusaha menyesuaikan dengan keadaan lingkungannya," jelas dia.

Namun, tidak sedikit pula yang gulung tikar terlebih di saat masa pandemi covid-19 melanda beberapa tahun lalu. Namun, Usaha Kecil dan Mikro (UKM) mampu bertahan dalam keadaan apapun.

"Usaha Kecil dan Mikro itu punya pertahanan lebih kuat dibanding yang menengah ke atas (UMKM). Banyak yang gugur kan kemarin yang menegah ke atas tapi yang mikro," katanya.

Dari tumbuh kembangnya UMKM itu, kata Alda, sekitar 2.000 pelaku UMKM yang telah dilatih untuk dapat memasarkan produknya hingga go nasional.Pelatihan itu mulai dari peningkatan kapasitas, label halal, go digital, go online, dan go global. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...
DOK/Green Forest Resort & Wedding by Horison

Metropolitan Golden Management Jamu Pelanggan Korporasi Jakarta, Banten dan Jawa Barat

👤Naviandri 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:20 WIB
Acara ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada berbagai perusahaan yang sering menghelat acara di hotel-hotel Horison d itiga provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya