Selasa 27 Desember 2022, 08:44 WIB

Banjir dan Longsor Landa Kota Semarang

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir dan Longsor Landa Kota Semarang

ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi banjir

 

BANJIR dan longsor melanda Kota Semarang, empat rumah dan satu mobil tertimpa tebing yang longsor serta beberapa kawasan dilanda banjir dengan ketinggian bervariasi mulai dari 30 sentimeter hingga 1 meter.

Bencana tersebut terjadi akibat hujan lebat mengguyur kawasan di pantura, hal ini membuat warga yang terdampak panik.

Bencana banjir diduga karena buruknya drainase mengakibatkan ratusan pedagang di Pasar Johar Semarang panik, karena banjir merendam ratusan lapak dan kios yang berada di bawah Alun-alun Kota Semarang.

Selain merendam Pasar Johar, banjir juga merendam jalan Alun-alun Barat, sehingga infrastruktur rusak cukup berat.

"Ini karena drainase di wilayah itu buruk, sehingga ketika air besar tidak mampu tertampung," ujar tokoh masyarakat setempat Chondori, 70.

Baca juga: Dinkes Kota Semarang Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur Nataru

Banjir juga merendam di Jalan Patimura dan Purwodinatan serta beberapa titik lain hingga ketinggian mencapai 40 sentimeter hingga mengakibatkan para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu menghentikan aktivitas berdagang bahkan beberapa kendaraan mogok karena terjebak banjir.

Selain itu, tebing setinggi delapan meter dengan panjang 25 meter di Jalan Cinde Raya Timur, Kelurahan Jomblang, Kota Semarang, mengalami longsor pada pukul 22.00 WIB. Hal itu mengakibatkan empat rumah di bawahnya dan satu unit mobil yang sedang melintas tertimpa longsoran.

"Saat longsor terjadi ada mobil berisi tiga orang melintas, sehingga tertimpa longsoran hingga mengakibatkan pengemudi terluka bagian kepala dan dilarikan ke rumah sakit," kata Lurah Jomblang, Hendri Nurcahyo.

Sebelum longsor, imbuh Hendri, tebing sudah mengalami retak sehingga oleh warga diatasi dengan melakukan penambalan mengunakan semen sebagai antisipasi, namun karena hujan cukup deras air menggelontor cukup deras hingga tebing longsor.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Iluni UI Bangun Antara untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:15 WIB
Pada Kamis (26/1), pembangunan hunian sementara yang disebut Antara mulai dilaksanakan di Kampung Sirnagalih, Desa Benjot, Kecamatan...
MI/Heri S

Upaya Penyelundupan 87 Calon PMI Ilegal ke Arab Saudi Digagalkan

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:45 WIB
Ke-87 PMI itu berasal dari NTT, Jember, dan Jawa Tengah. Mereka akan berangkat dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda di Kabupaten...
DOK.MI

Waspada Dampak Hujan dan Angin Kencang di Bali hingga 30 Januari

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:05 WIB
Dampak yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya