Jumat 18 November 2022, 15:27 WIB

DPRD Jatim Dukung Munculnya SMK Pariwisata di Kawasan Bromo

Faishol Taselan | Nusantara
DPRD Jatim Dukung Munculnya SMK Pariwisata di Kawasan Bromo

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi praktik di SMK Pariwisata

 

DPRD Provinsi Jawa Timur mendorong berdirinya sekolah SMK Pariwisata satu atap di eks lahan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Desa Sapikerep, untuk mendukung pariwisata di Gunung Bromo, Jawa Timur.

"Saat ini SMK Pariwisata berada di dua tempat yakni Desa Ngepung dan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur berkeinginan agar menjadi satu tempat di Desa Sapikerep," kata Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Hasan Irsyad, di Surabaya, Jumat (18/11).

Komisi E DPRD Jatim sudah pernah datang di Kabupaten Probolinggo guna menindaklanjuti pembangunan gedung SMK Pariwisata di eks lahan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Desa Sapikerep terus berjalan. Komisi E juga sangat mendukung dan berharap Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bisa melanjutkan proyek pembangunan gedung SMK Pariwisata yang saat ini mangkrak karena putus kontrak.

"SMK Pariwisata ini sangat dibutukan oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Sukapura. Keberadaan SMK Pariwisata ini sangat diperlukan dan diharap bisa mendukung sektor pariwisata di Kecamatan Sukapura," ungkap Hasan.

Menurut Hasan Irsyad, dengan adanya SMK Pariwisata ini, Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur menginginkan ada lulusan-lulusan pariwisata di Kabupaten Probolinggo sehingga ada kader-kader wisata dari siswa dan siswi.

"Pembangunan gedung SMK Pariwisata di Desa Sapikerep ini belum sampai 50% mangkrak. Itupun hasilnya Komisi E nilai kurang layak diteruskan. Kita harapkan tahun ini pembangunan gedung SMK Pariwisata selesai dan bisa segera dimanfaatkan," ucapnya.

Baca juga: Topang Tangkahan dan Bukit Lawang, Sumut akan Dirikan SMK Pariwisata di Kota Binjai

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan keberadaan SMK Pariwisata ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kecamatan Sukapura dalam rangka mendukung kegiatan pariwisata yang ada di Kecamatan Sukapura.

"Paling tidak diharapkan dari lulusan SMK Pariwisata itu mereka bisa bekerja di sektor pariwisata atau bisa mempersiapkan diri untuk menjadi entrepreneur mandiri yang tidak menunggu harus bekerja di hotel, cafe dan restoran," tutur Heri.

Menurut Heri, pengetahuan dan ilmu yang didapat di SMK Pariwisata ini nantinya bisa membawa mereka menjadi entrepreneur dan mendukung sektor pariwisata yang ada di Kecamatan Sukapura, khususnya wisata Gunung Bromo.

"Pemerintah Kabupaten Probolinggo sangat mendukung dan berharap Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur akan melanjutkan kembali proyek pembangunan gedung SMK Pariwisata," pungkasnya.(OL-5)
 

Baca Juga

MGN/Fransiskus Gerardus Molo

Ratusan Nakes RSUD Larantuka Mogok Kerja Tuntut Pembayaran Dana Covid

👤Fransiskus Gerardus Molo (MGN), Muklis efendi (SB) 🕔Rabu 30 November 2022, 13:55 WIB
RATUSAN tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari dokter dan perawat RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka Nusa Tenggara Timur melakukan...
dok.humas pemprov jateng

Ganjar - MUI Kolaborasi Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba.

👤Haryanto 🕔Rabu 30 November 2022, 13:40 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka rapat koordinasi nasional gerakan anti narkoba yang diadakan Majelis Ulama Indonesia...
dok.humas

Asah Komunikasi Publik, Pegawai Bapelitbang Sikka Ikuti Pelatihan Jurnalistik

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 30 November 2022, 13:30 WIB
BADAN Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, NTT menggelar pelatihan jurnalistik bagi seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya