Kamis 17 November 2022, 22:46 WIB

Sumsel Nihil Penambahan Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Dwi Apriani | Nusantara
Sumsel Nihil Penambahan Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyebutkan saat ini belum ada lagi laporan kasus gagal ginjal akut pada anak. Sejak kasus tersebut muncul, di Sumsel tercatat hanya ada ada 8 kasus dan saat ini statusnya sudah selesai ditangani.

"Saat ini sudah tidak ada pasien gagal ginjal akut pada anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Trisnawarman, Kamis (17/11).

Trisnawarman menjelaskan, total ada delapan kasus gagal Ginjal Akut pada anak di Sumsel, satunya dari Jambi. Dari delapan itu duanya meninggal, satu dari Palembang dan satu dari Jambi. Sedangkan yang enam sudah sehat dan sudah pulang.

"Provinsi Sumsel juga sudah menerima obat gagal ginjal akut dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Bahkan obat tersebut sudah didistribusikan ke RSUP Mohammad Hoesin Palembang," katanya.

Menurutnya, Sumsel sudah dapat dua vial obat untuk gagal ginjal akut. Kemenkes langsung mendistribusikan obat gagal ganjal akut tersebut ke rumah sakit rujukan di Sumsel yang ditunjuk khusus untuk penanganan gagal ginjal akut yakni RSUP Mohammad Hoesin Palembang.

"Sumsel baru mendapat jatah distribusi obat gagal ginjal akut dari Kemenkes sebanyak dua vial. Obat tersebut, akan diberikan ke pasien  gagal ginjal akut secara gratis tanpa pungutan biaya apapun," katanya

Menurutnya, hingga saat ini obat tersebut belum digunakan dan masih disimpan di RSUP Mohammad Hoesin Palembang. Dua vial tersebut setidaknya cukup untuk dua pasien. "Namun jika nantinya kurang atau dibutuhkan lebih dari itu maka akan diajukan kembali ke Kemenkes," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.korlantas

Jelang Libur Nataru, Korlantas Polri Cek Kesiapan Pos Operasi Lilin 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 23:17 WIB
KORLANTAS Polri bersama rombongan mengecek kesiapan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru, di Pos Lantas Cikopo, Jabar dan Pos Terpadu...
MI/DEWA EKA PRAYOGA FOUNDATION

DeEP-F Bangun Hunian Sementara Terintegrasi Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
Huntara Jannati memberikan fasilitas hunian sementara, lengkap dengan makanan siap saji, bimbingan keimanan dan bantuan pemberdayaan...
MI/BAYU ANGGORO

Garda Pemuda NasDem Jawa Barat Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:05 WIB
GP NasDem memberikan bantuan untuk para korban gempa bumi di kabupaten Cianjur sebagai bagian dari tanggung jawab...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya