Kamis 17 November 2022, 17:53 WIB

Menguak Keunikan dan Balutan Budaya dalam Arsitektur Rumah Batak

Mediaindonesia.com | Nusantara
Menguak Keunikan dan Balutan Budaya dalam Arsitektur Rumah Batak

Dok. Kenari Djaja
Arsitektur Rumah Batak

 

KEUNIKAN arsitektur tradisional memiliki nilai budaya yang dikagumi masyarakat dan wisatawan mancanegara, karena tampil dalam balutan seni bangunan dan filosofi adat lokal yang mengagumkan, seperti ciri khas pada bangunan di Sumatera Utara. 

Bentuk Rumah Batak yang banyak diketahui dari bentuk atap dan ukiran seninya membuktikan kehidupan masyarakat Batak telah lama dalam mengenal arsitektur sebagai hunian dan kelengkapan ritualnya.

"Penggunaan material kayu dan bambu yang menjadi karakter bangunannya, memberi nilai pada peninggalan tradisional rumah-rumah adat di bumi nusantara. Diharapkan suatu saat ada bangunan rumah Batak modern yang dikembangkan dengan tetap menghargai keluhuran nilai filosofi dan tradisi Batak," ucap Hendry Sjarifudin, Direktur PT Kenari Djaja Prima dalam webinar yang digelar Kenari Djaja dan Majalah Asrinesia bersama Bidang Pengkajian dan Pelestarian Arsitektur Ikatan ArsitekIndonesia (IAI) Sumatra Utara, Kamis (17/11).

Latar belakang dan sejarah rumah adat Batak di seluruh pelosok Sumatera Utara, pada umumnya hampir sama seperti penelusuran Baja Panggabean bersama Seniman Jesral Tambun, sebagai pegiat yang mendalami arsitektur dan seni budaya khas Batak Toba. 

Seni tradisional dan adat Batak pada bangunan yang dilestarikan memperlihatkan tingginya nilai peradaban budaya masyarakat Batak, sebagai potensi yang membanggakan di Sumatra Utara.

Baca juga : Penuhi Gaya Hidup Masyarakat Urban, Astra Property Hadirkan LIVNG

Keindahan arsitektur bangunan tropis di Tanah Batak juga dibuktikan dari penelusuran yang lebih detail oleh arsitek Franky Simanjuntak, pegiat Arsitektur Vernakular Indonesia (AVI). Rumah Batak Pakpak yang masih tersisa keindahannya dikaji untuk dapat dibangun kembali dari kepunahannya dalam upaya pelestarian, agar bermanfaat dalam fungsi yangbaru, dan menapaki jejak Arsitektur Nusantara di Sumatera Utara.

Cerita tentang keindahan, keluhuran dan potensi Arsitektur Nusantara yang bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Arsitek Yori Antar yang telah lama menelusuri peninggalan budaya mengungkapkan, pengalamannya berkeliling pelosok di Indonesia maupun luar negeri, memberi informasi yang inspiratif tentang merawat situs sejarah seperti peninggalan arsitektur tradisional di tanah Batak ini.

"Rumah Batak banyak memiliki ragam seni dan budaya yang menarik, sehingga ke khasannya membuat sangat dirindukan oleh mereka yang sedang berada jauh dari Sumatera Utara," ujarnya.

Pada seminar Arsitektur Rumah Batak mengungkapkan tentang karakter arsitektur khas Sumatra Utara sebagai potensi yang memberi rasa bangga kepada bangsa Indonesia.

Webinar itu juga membuktikan rumah tradisional Batak masih mampu memberi inspirasi dan semangat peradaban pada perkembangan Arsitektur di Nusantara. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...
Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya