Kamis 17 November 2022, 16:31 WIB

Ganjar Gayeng Bareng Ratusan Pelajar Bahas Moderasi Beragama

Tosiani | Nusantara
Ganjar Gayeng Bareng Ratusan Pelajar Bahas Moderasi Beragama

dok.Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bersama pelajar SMA Pangudi Luhur Van Lith, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Rabu (16/11/2022)

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjadi pembicara pada Katolisitas Istimewa bertajuk 'Beragama dalam Nalar Publik' yang diselenggarakan SMA Pangudi Luhur Van Lith, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, kemarin.

Di hadapan ribuan siswa-siswi SMA Pangudi Luhur, Ganjar mengajarkan nilai-nilai toleransi yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih nilai toleransi yang wajib diterapkan antar sesama teman dan lingkungan sekitar, termasuk lingkungan sekolah.

"Bagaimana dalam relasi sosial antar anak bangsa itu baik, tentu ada moderasi beragama di dalamnya. Satu mereka punya kepekaan terhadap situasi dan kondisi, kedua mereka ingin berbuat," ujar Ganjar.

Ganjar melanjutkan, pentingnya memiliki rasa persatuan tinggi melalui butir-butir yang tertuang dalam Pancasila dewasa ini menjadi sangat penting. Bhinneka Tunggal Ika, kata Ganjar, jangan hanya diucapkan di mulut saja tetapi harus dilaksanakan.

Karenanya, Ganjar pun mendorong para tenaga pengajar untuk mampu menanamkan nilai-nilai tersebut kepada para siswa agar mereka dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya sampaikan kepada mereka, satu harus membawa nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, gotong royong. Kalau mereka sudah tahu, maka persoalan itu bisa kita diskusikan," kata Ganjar.

Menurutnya, hal ini penting untuk dikomunikasikan, diceritakan terus menerus dan anak-anak mulai dari SMA ada kepedulian, ingin belajar. Ia berharap selanjutnya akan dipraktikkan.

Dicontohkan, ketika Pancasila mampu diterapkan sedini mungkin pada anak maka sentimen-sentimen terkait agama, ras, suku dan golongan tidak terjadi lagi di masa mendatang.

"Sebenarnya ini modal sosial yang dimiliki oleh mereka dan bisa kita kembangkan untuk kita teruskan. Mudah-mudahan anak akan mempelajarinya dengan baik," sebut Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: Kemenag Inisiasi Program Masjid Pelopor Moderasi Beragama

Baca Juga

DOK/Aston Pasteur Bandung

Kolaborasi Aston Pasteur dan Kelas Garasi Hadirkan Workshop Fotografi Makanan

👤Media Indonesia 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:35 WIB
. Food photography saat ini bukan hanya sekadar mengambil foto tentang makanan tetapi mirip dengan gaya foto yang modern karena menerapkan...
Ist

Hero Group Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi di Cianjur 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:17 WIB
Pelepasan donasi dilakukan langsung oleh perwakilan manajemen PT Hero Supermarket...
dok.ist

PT Jasaraharja Putera Giat Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:57 WIB
PT Jasaraharja Putera melakukan aksi kemanusiaan kepada para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya