Minggu 13 November 2022, 23:27 WIB

10 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim

mediaindonesia.com | Nusantara
10 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim

DOK.MI
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya 10 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diharapkan segera menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.
 
"Sebanyak 10 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Minggu (13/11).
 
Sebaran 10 titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten agar mendapat penanganan lebih lanjut.
 
Empat hari lalu pihaknya juga mendeteksi sebanyak sembilan titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut padam setelah dilakukan  penanganan.
 
Sedangkan 10 titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam kecamatan maupun kabupaten yang sama.


Baca juga: Banjir Rendam Wilayah Kecamatan Tomilito Gorontalo Utara

 
Sebanyak 10 titik panas yang terdeteksi hari ini berada di empat kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Barat ada 4 titik, Kutai Timur terdeteksi 3 titik, Kutai Kartanegara ada 2 titik, dan Kabupaten Berau terpantau 1 titik panas.
 
Menurutnya, sebenarnya saat ini sudah masuk musim hujan, tapi memang masih ada beberapa kondisi di Kaltim yang mengalami panas beberapa hari berturut-turut, sehingga diharapkan semua pihak tetap waspada terhadap percikan api yang bisa memicu kebakaran.
 
"Meski sudah masuk musim hujan, tapi tidak terus menerus terjadi hujan, ada potensi beberapa hari tidak hujan, tapi panas, maka kami
mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan untuk meminimalisir atau menghindari titik panas," katanya.
 
Sedangkan rincian sebaran titik panas per kabupaten yang terpantau hari, di Kutai Barat yang terdeteksi 4 titik, semuanya berada di Kecamatan Jempang dengan tingkat kepercayaan menengah.
 
Di Kutai Timur yang terdeteksi 3 titik, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon, Kaubun, dan Telen yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.
 
Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdeteksi 2 titik panas, berada di Kecamatan Loa Kulu dan Muara Wis yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.
 
"Untuk Kabupaten Berau yang ada 1 titik panas, berada di Kecamatan Sambaliung yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata
Diyan. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Ist

Penerbit Erlangga Beri Layanan Pengobatan Gratis Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:42 WIB
Penerbit Erlangga melalui Solidaritas Erlangga (SOGA) memberikan pengobatan gratis di posko pengungsian SD Negeri Cipadang, Bangbayang,...
MI/HO

Awali Kuliah Umum, Kedatangan AHY Disambut Ribuan Warga Kupang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:14 WIB
Selama di Kota Kupang, AHY tak hanya melakukan safari politik, ia juga akan memberikan kuliah umum Universitas Katolik Widya...
MI/ALEXANDER P TAUM

Sampai Akhir 2022, Kuota PPPK di Lembata belum Terisi

👤Alexander P Taum 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:10 WIB
Kebutuhan tenaga PPPK di Kabupaten Lembata hanya  memerioritaskan dua kategori yakni tenaga Kesehatan dan tenaga kependidikan atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya