Sabtu 12 November 2022, 16:08 WIB

Atasi Inflasi, Pematang Siantar Canangkan Gerakan Tanam Cabai Merah

Apul Iskandar | Nusantara
Atasi Inflasi, Pematang Siantar Canangkan Gerakan Tanam Cabai Merah

Mi/Apul Iskandar

 



WALI Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menyampaikan agar para pelaku usaha selalu berkoordinasi untuk mengatasi kekurangan stok kebutuhan pokok, penyimpangan atau penimbunan, serta meminimalisir gangguan distribusi, dan pasokan bahan kebutuhan pokok yang didukung dengan kesiapan moda angkutan.

Peningkatan kebutuhan terhadap bahan-bahan pokok dapat berimplikasi kepada kelangkaan barang dan kenaikan harga. Hal tersebut tentunya harus mendapatkan perhatian khusus dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pematang Siantar, yaitu dengan mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menjaga stabilitas harga dan kelancaran distribusi pasokan bahan pokok.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menjaga stabilitas harga. Dengan pelaksanaan operasi di masyarakat dan pelaksanaan pencanangan Gerakan Menanam Bibit Cabai Merah yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat," kata Susanti pada saat rapat koordinasi membahas inflasi daerah dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar di Kantor KPw BI Pematang Siantar, Sumatera Utara, Jumat (11/11)

Inflasi yang wajar dan stabil, kata dia, akan menciptakan ekonomi yang berkesinambungan demi kesejahteraan masyarakat.

Melalui rapat teknis TPID Kota Pematang Siantar, dia berharap menjadi wadah koordinasi untuk menentukan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan pasokan.

Sebelumnya, Pemko Pematang Siantar, kata dia, telah memberikan bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada 19.178 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menekan inflasi pada sektor transportasi.

Sementara itu, perwakilan KPw BI Pematang Sianțar Abdul Haris menyampaikan, beberapa kajian terkait kondisi inflasi. Dikatakannya, inflasi memang masih menjadi hal yang sangat menantang.

"Inflasi Kota Pematang Siantar memang masih tercatat lebih tinggi dari inflasi nasional dan juga inflasi di Sumatera Utara," ujarnya.

Sedangkan untuk perkembangan harga, ada beberapa komoditas yang bisa menjadi perhatian. Seperti beras, bawang merah, dan minyak goreng. (AP/OL-10)

Baca Juga

dok.ist

PT Jasaraharja Putera Giat Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:57 WIB
PT Jasaraharja Putera melakukan aksi kemanusiaan kepada para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa...
MI/Djoko Sardjono

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Surabaya

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:55 WIB
SEJUMLAH harga bahan pokok mulai naik menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, ada beberapa...
dok.Ant

Ribuan Burung Ilegal dari Bali Disita di Pelabuhan Ketapang

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:45 WIB
RIBUAN burung yang diduga akan diselundupkan dari Bali menuju Pulau Jawa berhasil disita petugas Karantina di Pelabuhan Ketapang,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya