Jumat 11 November 2022, 19:01 WIB

Kasus DBD Meningkat Di Manggarai Barat

John Lewar | Nusantara
Kasus DBD Meningkat Di Manggarai Barat

MEdcom
Ilustrasi

 

KASUS demam berdarah dengue (DBD) meningkat tajam di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT dalam dua pekan terakhir. Saat ini tercatat 40 pasien DBD yang menjalani perawatan di rumah sakit. 

Pada awal November 2022, dalam sepekan terjadi 25 pasien DBD yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo. Jumlah tersebut meninggkat hingga pekan kedua November.

"Kasus DBD umumnya menyerang anak usia sekolah. Meski ada pasien yang sembuh tetapi tetap waspada dengan menjalankan pola hidup sehat dengan membersihkan tempat genangan air, menutup, menguburkan benda yang menjadi sarang jentik nyamuk. Selain itu dianjurkan gunakan obat nyamuk atau gunakan kelambu," terang Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Paul Mami, Jumat (11/11).

Paul Mami menghimbau setiap rumah tangga diwajibkan menaruh abate di kamar mandi agar tidak menimbulkan jentik nyamuk yang berubah menjadi serangan nyamuk DBD. 

Tokoh masyarakat Manggarai Barat, Antonius Geneti mengatakan pemerintah setempat mestinya menggencarkan fogging untuk mencegah perkembangan nyamuk penyebab DBD. Hal ini harus dilakukan untuk menekan angka kasus DBD.

"Selama ini sudah jarang dilakukan fogging. Pemerintah setempat selalu berdalih bahwa fogging dilakukan pada tempat-tempat ditentukan tertentu saja," ungkapnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya