Rabu 09 November 2022, 22:38 WIB

Batu Besar Tutup Akses Jalan Warga Tiga Dusun di Ciamis

Kristiadi | Nusantara
Batu Besar Tutup Akses Jalan Warga Tiga Dusun di Ciamis

MI/Kristiadi/DOK.POLRES
Material longsor berupa batu besar menutup akses jalan warga tiga dusun di Ciamis menuju Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (9/11).

 

HUJAN deras mengakibatkan longsoran batu besar menimbun ruas jalan penghubung Banjarsari, Kabupaten Ciamis, menuju arah Pangandaran tepatnya di Dusun Karangwangkal, Desa Kawasen, Jawa Barat, Rabu (9/11). Akibatnya, 114 kepala keluarga (KK) terisolasi.

Kejadian itu dilaporkan tidak menimbulkan korban jiwa tetapi akses jalan tertutup total.

Kepala Desa Kawasen, Suharno, mengatakan, hujan deras yang terjadi Selasa (8/11) malam membawa material batu besar menutup badan jalan dan telah menyebabkan jalan penghubung Dusun Karangwangkal, Karangduyung, dan Caringin, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, arah Pangandaran tidak bisa dilalui kendaraan maupun pejalan kaki. Namun, kejadian itu telah menyebabkan 114 Kepala Keluarga (KK) di tiga Dusun terisolasi.

"Batu besar yang menutup jalan penghubung antara Kabupaten Ciamis dan Pangandaran ini setelah semalaman wilayah itu diguyur hujan deras dan menyebabkan material batu longsor menutup jalan. Kejadian ini membuat masyarakat tidak bisa melalui jalan tersebut dan mereka harus mencari jalan lain menuju Pangandaran dengan jarak tempuh 30 kilometer," katanya di Ciamis, Rabu (9/11).


Baca juga: BKSDA Kaltim Evakuasi Bayi Orangutan yang Ditemukan Warga Kukar di Kebun


Sementara itu, Kapolsek Banjarsari Komisaris Ma'mun Murod mengatakan, intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa terakhir hari ini telah menyebabkan longsor membawa material batu besar menutup akses jalan penghubung alternatif berada di Dusun Karangwangkal, Karangduyung, dan Caringin, Desa Kawasen.

Kejadian itu menyebabkan 114 KK terisolasi karena akses jalan tertutup total. Petugas pun langsung dikerahkan untuk melakukan pendataan dan turun langsung ke lokasi untuk membantu warga.

"Material batu besar tersebut berukuran panjang 10 meter, lebar 7 m, dan tinggi 8 m yang menutupi akses jalan desa menghubungkan Dusun Karangwakal, Desa Kawasen," ujarnya.

Ma'mun mengatakan, perlu langkah evakuasi secepatnya agar masyarakat berada di tiga dusun tersebut tidak memutar arah untuk menuju Pangandaran. Selain, jarak tempuh menjadi lebih jauh sekitar 30 kilometer dan masyarakat juga harus selalu waspada. Karena, cuaca ektrem dapat menyebabkan longsor dan banjir.

"Kami meminta agar masyarakat untuk tetap siaga dan waspada karena memang bencana hidrometeorologi dapat menyebabkan longsor, banjir, pergerakan tanah dan pohon tumbang. Bagi warga yang terisolasi berada di sekitar longsoran batu besar itu supaya bersabar karena sedang ditangani," tuturnya. (OL-16)

 

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya