Selasa 08 November 2022, 23:45 WIB

Pelajar di Sikka Amati Gerhana Bulan Total di IKIP Muhammadiyah

Gabriel Langga | Nusantara
Pelajar di Sikka Amati Gerhana Bulan Total di IKIP Muhammadiyah

MI/Gabriel Langga
Pakai teleskop untuk mengamati gerhana bulan total di Sikka

 

GERHANA bulan total merupakan peristiwa langka. Hal ini pun tak mau dilewatkan oleh para pelajar di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mereka mengamati fenomena alam tersebut dengan menggunakan teleskop di Gedung IKIP Muhammadiyah Maumere, Selasa (8/11).

Para pelajar terdiri dari siswa SMA dan SMP. Pengamatan tersebut difasilitasi oleh Pusat Studi Astronomi IKIP Muhammadiyah Maumere dan Komunitas Langit Sikka.

Ketua Pusat Studi Astronomi IKIP Muhammadiyah Maumere Adi Jupriansah menuturkan pengamatan gerhana bulan total dilakukan dengan menggunakan satu teleskop yang dimulai sejak sore hingga malam. Dalam pengamatan gerhana bulan total ini, ia mengaku cuaca di Kabupaten Sikka dalam keadaan buruk disertai dengan rintik hujan sehingga menghalangi aktivitas pengamatan.

"Sebenarnya tadi bisa kita melihat gerhana bulan, tetapi cuacanya pas sedang berawan sehingga bulan kadang muncul, kadang hilang tidak bisa melihat utuh. Cuaca lah yang membuat kita tidak bisa melihat secara utuh," kata Adi.

Baca juga: Tertutup Awan Tebal, Gerhana Bulan tidak Terlihat di Medan

Dia pun menuturkan cuaca buruk melanda Kabupaten Sikka sejak pukul 14.00 Wita, sehingga membuat aktivitas pengamatan kurang memuaskan. Selain melibatkan pelajar, pengamatan juga dilakukan bersama mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere dari jurusan IPA dan pendidikan Kimia.

"Usai pengamatan bersama gerhana bulan total, kita laksanakan salat gerhana dan diskusi dengan LPPAIK IKIP Muhammadiyah Maumere," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. PT POs Inddonesia

Pos Indonesia Beri Bantuan Tabung Gas untuk Korban Erupsi Semeru

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 16:07 WIB
“Masyarakat yang terdampak erupsi Semeru, begitu masuk ke rumah relokasi kita penuhi semua kebutuhan dasarnya. Misalnya tabung gas,...
Ist

Di Seminar Hari HAM, LaNyalla Sebut Penjajahan Ekonomi Pelanggaran Hak Kesejahteraan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:35 WIB
Hari ini terjadi pola kolonialisme dalam bentuk baru yang menyusup melalui wajah globalisasi yang menyatu dengan oligarki ekonomi di dalam...
Ist

Smart City dan Guru 5.0, Mimpi Besar Kota Kecil Bernama Payakumbuh

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:26 WIB
Sejak tahun 2022 ini, seperti dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Payakumbuh telah mengambil sejumlah langkah menuju Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya