Kamis 03 November 2022, 19:19 WIB

Mandiri Investasi Resmikan Operasional PLTMH Koro Kabalo Sulteng

Widhoroso | Nusantara
Mandiri Investasi Resmikan Operasional PLTMH Koro Kabalo Sulteng

HO
Mandiri Investasi

 

PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Koro Kabalo, Sulawesi Tengah (Sulteng). Pembangkit listrik berkapasitas produksi 2,2 megawatt (MW) itu merupakan salah satu anak usaha yang dikelola dalam portfolio Reksadana Penyertaan Terbatas Mandiri Infrastruktur Ekuitas (RDPT MIE).

Pasokan listrik dari PLTHM Karo Kabalo rencananya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sejumlah wilayah Sulteng. Acara peresmian dihadiri Komisaris Mandiri Investasi Riki Frindos dan Direktur PT Trinusa Energy Taufan Wijaya.

Riki mengatakan, dipilihnya Sulteng dalam proyek PLTMH ini dikarenakan Sulteng termasuk provinsi yang sangat baik dalam pengendalian inflasi secara nasional. Hal ini dibuktikan diraihnya dua penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) oleh Sulteng pada 2020 dan 2021 juga pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. 

"Selain itu Sulteng juga memiliki potensi yang sangat baik dan akan menguntungkan ke depan. Kita lihat dan awasi bersama proyek ini saya optimis lokasi investasi yang dipilih juga berpengaruh,” ujar Riki, dalam keterangan yang diterima, Kamis (3/11).

Di sisi lain, Direktur Utama Mandiri Investasi Aliyahdin Saugi menjelaskan salah satu sumber dana pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan itu, berasal dari Reksadana Penyertaan Terbatas Mandiri Infrastruktur Ekuitas (RDPT MIE) yang memang khusus didesain untuk mendukung berbagai proyek infrastruktur yang mengedepankan ramah lingkungan berbasis EBT.

“Hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah dan holding grup usaha kami, Bank Mandiri, sekaligus mendukung kebijakan pemerintah yang aktif mengedepankan pembangunan infrastruktur dan ekonomi ramah lingkungan,” tuturnya. 

Ia menambahkan, investasi pembangunan PLTMH Koro Kabalo berasal dari pendanaan Mandiri Investasi melalui dana kelolaan di RDPT MIE dan bauran hutang yang berasal dari Perbankan. 

Listrik yang dihasilkan PLTMH Karo Kabalo langsung dibeli oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang telah melakukan penandatanganan power purchase agreement (PPA) dengan PT Trinusa beberapa waktu lalu. Pemerintah pun mendukung kemajuan industri EBT dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 112 tahun  2022 yang mengatur industi EBT.

"Listrik dari PLTMH Koro Kabalo diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi rumah tangga, dan industri di Kota Palu dan wilayah lainnya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Sulawesi Tengah, serta tentunya memberikan keuntungan bagi investor pemegang RDPT MIE," papar Saugi. (RO/OL-15)

Baca Juga

dok.ist

Ikut Stabilisasi Harga Bapok di Aceh, UKM Sahabat Sandi Gelar Sembako Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:52 WIB
RELAWAN UKM Sahabat Sandi ikut menstabilkan harga kebutuhan pokok yang saat ini mengalami lonjakan. Oleh sebab itu, kegiatan ini memberikan...
MGN/ Yuki Pramudya

Polisi: Satu Keluarga Tewas di Magelang akibat Diracun Anak Sendiri

👤Yuki Pramudya (MGN), Muklis Efendi (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 17:45 WIB
"Anak kedua korban diduga kuat sebagai pelaku yang meracuni keluarganya sendiri hingga ketiganya tewas,” ujar Dirreskrimum Polda...
ANTARA/Iggoy el Fitra

UMP Sumbar 2023 Naik 9,15 Persen

👤Yose Hendra 🕔Selasa 29 November 2022, 17:29 WIB
Jumlah ini sesuai dengan yang disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan yang berlangsung 3 kali secara tripartit dengan unsur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya