Selasa 01 November 2022, 15:39 WIB

Bangun Indonesia Sentris, Jokowi Wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat Papua

mediaindonesia.com | Nusantara
Bangun Indonesia Sentris, Jokowi Wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat Papua

ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo saat meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

SEJAK pertama kali menjabat sebagai Presiden, Joko Widodo merupakan Presiden yang paling sering berkunjung ke tanah Papua. Jokowi tercatat kurang lebih telah 15 kali menginjakkan kakinya di Bumi Cendrawasih tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian, keseriusan, dan kecintaan pemerintah Jokowi terhadap masyarakat Papua untuk membangun berbagai infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.

Ketua Umum Rampai Nusantara (RN) Mardiansyah menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya perhatian besar terhadap pembangunan di wilayah timur Indonesia, termasuk Papua. 

Baca juga: Pengamat Apresiasi Jokowi Keluarkan Perpres Demi Jaga Ketahanan Pangan Indonesia

"Sejak menjabat presiden, Pak Jokowi memiliki perhatian yang sangat besar pada pembangunan di Indonesia wilayah timur termasuk Papua," kata Mardiansyah dikutip, Selasa (1/11).

Menurutnya, kebijakan pemerintah membangun Indonesia sentris sudah tepat, pembangunan tidak lagi hanya fokus di Jawa, melainkan juga ke seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali wilayah Indonesia Timur.

Kebijakan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin terhadap pembangunan di wilayah timur Indonesia, kata Mardiansyah, sudah terbukti dan lebih baik.

"Kebijakan presiden tersebut sudah terlihat hasilnya, terutama infrastruktur di Papua saat ini yang sudah jauh lebih baik," ucapnya.

Mardiansyah juga memastikan, dirinya bersama pengurus RN Papua terus mendukung kebijakan pembangunan infrastruktur Presiden Jokowi, lantaran hal tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Wilayah Indonesia Timur, khususnya tanah Papua, kata Mardiansyah memiliki sumber daya alam yang melimpah sudah seharusnya dimaksimalkan untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua.

"Rampai Nusantara di Tanah Papua memiliki semangat untuk bisa memastikan, mengawal dan mendorong keadilan dan kesejahteraan rakyat Papua," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo tercatat melakukan kunjungan kerja yang ke-15 kalinya ke Provinsi Papua selama menjabat. Terakhir Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua didampingi Ibu Negara Iriana, pada Agustus 2022.

Saat itu, Presiden Jokowi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut tanah Papua terkenal berhasil melahirkan banyak talenta sepak bola nasional seperti Boaz Salossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, dan lainnya.

“Tadi, Pak Dirut (Dirut PT Frepoort) sudah menyampaikan Rully Nere, ada yang kenal? Kita ingat juga Yohanes Auri betul? Ada juga kita ingat Aples Tecuari, ada juga yang saya ingat Alexander Pulalo, ada juga Boaz Salossa, ada juga Elie Aiboy, kalau ke sini lagi ada Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya,” ujar Jokowi.

Selain meluncurkan PFA, Presiden Jokowi juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM agar menjaga daya beli masyarakat Papua tetap terjaga.

“Agar daya beli masyarakat, konsumsi masyarakat menjadi lebih baik,” ucap Jokowi. (RO/OL-1)

Baca Juga

MI/VOUCKE LONTAAN

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Setyo Budiyanto Sidak Sejumlah SPBU di Kota Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:35 WIB
Kapolda menerima laporan dari masyarakat terkait adanya antrean di SPBU untuk mendapatkan BBM jenis...
dok.humas pemprov jateng

Festival Adat Budaya Nusantara II di Jateng, Ganjar Sambut Raja-Raja se-Nusantara

👤Haryanto 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:00 WIB
SEBANYAK 264 utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku seluruh Nusantara menghadiri acara Festival Adat Budaya Nusantara ke-II di Kawasan...
Dok. DPR RI

RS Adi Husada Undaan Wetan Dinilai Layak  Bagi Pelayanan Kesehatan Dewan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:58 WIB
"Kami dari BURT sudah meninjau langsung dan RS Adi Husada kita nyatakan layak untuk memberikan pelayanan kepada Anggota DPR dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya