Sabtu 01 Oktober 2022, 13:45 WIB

Tapanuli Utara Diguncang Gempa 6,0 SR, Satu Tewas, 11 Luka-Luka

Januari Hutabarat | Nusantara
Tapanuli Utara Diguncang Gempa 6,0 SR, Satu Tewas, 11 Luka-Luka

MI/Januari Hutabarat
Warga mengungsi usaikejadian gempa bumi di Tapanuli Utara.

 

Gempa tektonik berkekuatan 6,0  SR guncang Kabupaten Tapanuli Utara, tepatnya Sabtu (1/10) pada pukul 02.28 WIB, akibatnya warga berhamburan keluar rumah, hingga pkl 06.00 wib, warga masih enggan masuk ke dalam rumah karena takut adanya gempa susulan.

Hasil pantauan Media Indonesia di lapangan sebagian besar masyarakat terpaksa mendirikan tenda di luar rumah serta menyalakan api unggun untuk mengurangi rasa dingin akibat gerimis.

Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Utara, Sabtu (1/10) pagi  wib, mengatakan jumlah kerusakan akibat gempa tersebut belum dapat dipastikan, namun dirinya mengaku sudah memerintahkan para Kepala Desa dan Lurah untuk melakukan pendataan didesa/kelurahanya masing - masing. Akibat gempa pasien di Rumah Sakit Swadana Tarutung di evakuasi.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan kemudian mengonfirmasi ada korban tewas bernama Leo Sihombing (62). Leo Sihombing tewas karena sakit jantung diakibatkan gempa bumi. 11 korban lainnya menderita luka dan semuanya dirawat di RSU Tarutung.

Bonggas Pasaribu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara, bersama TNI mengevakuasi pasien IGD Rumah Sakit Tarutung. Sebelum mengevakuasi pasien pihak TNI terlebih dulu mendirikan tenda peleton.

Sedangkan korban luka akibat gempa juga dengan cepat ditangani serta dirawat ditenda pleton yang didirikan TNI bersama BPBD setempat, hingga berita ini diturunkan tidak ada korban meninggal akibat kejadian tersebut. (OL-12)

Baca Juga

dok.panpel

Rapimwil PPP Jateng Hasilkan Nama Ganjar Capres Teratas

👤Haryanto 🕔Minggu 27 November 2022, 22:30 WIB
DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Jateng menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil). Hasilnya, nama Ganjar teratas dalam...
dok.Ant

Masyarakat DIY Diminta Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi hingga Maret 2023

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 27 November 2022, 22:22 WIB
KEPALA Stasiun Klimatologi DIY Reni Kraningtyas mengingatkan, masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman bencana karena masih tingginya...
dok.ist

Massa GMC Lampung Timur Gemakan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 21:27 WIB
SORAKAN Ganjar Presiden menggema dari ribuan pemuda, milenial dan mahasiswa yang tengah berkumpul di Lapangan Merdeka, di Desa Braja Sakti,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya