Jumat 23 September 2022, 20:24 WIB

Pemprov Sumsel Dorong Daerah Kembangkan Potensi Wisata Baru

Dwi Apriani | Nusantara
Pemprov Sumsel Dorong Daerah Kembangkan Potensi Wisata Baru

DOK MI
Pulau Kemaro, salah satu obyek wisata di Sumsel.

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mendorong 17 kabupaten/kota agar lebih kreatif menciptakan tempat wisata baru dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar tempat tinggal dan lingkungan desa atau kelurahan. Apalagi potensi alam, seni dan budaya lokal yang ada di sekitar lingkungan masyarakat belakangan ini mulai banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata menarik.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan saat ini banyak tempat wisata baru yang diciptakan masyarakat, dengan memberikan sedikit sentuhan penataan dan penambahan fasilitas wisata yang dibangun secara perorangan maupun berkelompok tanpa mengeluarkan dana yang besar. "Kreativitas masyarakat tersebut akan terus didorong sehingga bisa tumbuh lebih banyak tempat wisata baru yang menarik," jelas Herman Deru.

Ia mencontohkan Kota Palembang yang bisa menjadi tempat wisata air dan wisatawan lokal serta mancanegara dapat mengenal rumah adat yang ada di sekitar sungai. Kemudian masyarakat Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir membuat tempat wisata yang dikenal kampung warna warni.

Dengan adanya tempat wisata yang diciptakan dan dikembangkan oleh masyarakat, diharapkan semakin banyak objek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan agar mereka tertarik berkunjung ke berbagai daerah Sumsel.

Selain mendorong tumbuhnya tempat wisata baru, jelas Gubernur, Pemprov Sumsel juga terus berupaya mendorong pemerintah daerah melakukan pembenahan sejumlah objek wisata andalan di daerahnya masing-masing. Hal itu diperlukan agar objek wisata menjadi lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

"Melalui upaya tersebut diharapkan semakin banyak pilihan tempat wisata menarik serta mewujudkan target kunjungan wisatawan pada 2022 ini minimal 1,5 juta orang," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya