Selasa 20 September 2022, 21:06 WIB

Sejumlah Waduk Di Pesisir Pantura Gresik Mulai Mengering

M Yakub | Nusantara
Sejumlah Waduk Di Pesisir Pantura Gresik Mulai Mengering

ANTARA
Ilustrasi kekeringan.

 

DEBIT sejumlah waduk dan embung di kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) mulai mengering. Hal ini terjadi menyusul tidak adanya hujan dalam hampir tiga bulan terakhir.

Petani setempat terpaksa membiarkan lahannya terlantar tidak ditanami. Belasan waduk dan embung itu hanya menyisakan debit kurang dari 20 persen dari kapasitas normal. Sejumlah waduk di wilayah utara kabupaten ini yang mulai mengering antara lain, waduk di Banyutengah, waduk Desa Pantenan, embung Desa Delegan yang semuanya berada di Kecamatan Panceng.

Kondisi yang sama juga terjadi pada waduk Sumengko yang berlokasi di Desa Tebuwung bahkan, waduk Desa Mentaras, dan Waduk Siraman di Kecamatan Dukun sudah mengering. Dari sejumlah waduk itu, hanya Waduk di Desa Ketanen, Kecamatan Panceng yang masih memiliki sisa sedikit air sekitar 35 persen.

Petani di kawasan Pesisir ini sengaja menanam padi agar terhindar dari bencana kekeringan dan kerugian. Sementara untuk tanaman jagung juga tidak bisa panen secara optimal karena kekurangan air. "Ya panennya menurun pada musim ini," kata Qodir, petani di Desa Ketanen, Kecamatan Panceng, Selasa (20/9).

Hal senada disampaikan Suwoto, petani Desa Mentaras, Kecamatan Dukun. Menurut dia, tidak adanya hujan turun hampir dalam tiga bulan terakhir membuat sejumlah waduk di kecamatannya mulai mengering, termasuk Waduk Sumengko, salah satu waduk terbesar di Gresik.

Selain Waduk Sumengko, lanjut dia, Waduk Mentaras dan Waduk Siraman juga mengering. Ia juga mengatakan, dengan mengeringnya sejumlah waduk di kecamatannya tersebut membuat hasil panen padi tidak bisa optimal. (OL-15)

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus

Implementasi dan Bimbingan Teknis Teknologi Digital bagi Nelayan Digital

👤Fransiskus Gerardus 🕔Rabu 28 September 2022, 10:53 WIB
Kegiatan tersebut digelar untuk mengejahwantahkan program transformasi digital bagi para nelayan, dan diikuti 100 nelayan di Kabupaten...
MI/Reza Suryana

Kuasa Hukum Terlapor Bantah Aniaya Wartawan meski Videonya Viral

👤Reza Sunarya 🕔Rabu 28 September 2022, 10:50 WIB
TIM kuasa hukum terlapor kasus kekerasan wartawan di Karawang membantah adanya kekerasan. Kliennya yang dituding memukul dan mengencingi...
MI/Mitha Meinansi

Empat Tahun Dinsos Sigi tak Ada Kendaraan Lapangan

👤Mitha Meinansi 🕔Rabu 28 September 2022, 10:40 WIB
KENDATI masuk rawan bencana Dinsos Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sudah empat tahun ini minin alat evakuasi bencana terutama kendaraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya