Rabu 31 Agustus 2022, 21:10 WIB

Jam Layanan Operasional Bandara Lombok Jadi 14 Jam Per Hari

mediaindonesia.com | Nusantara
Jam Layanan Operasional Bandara Lombok Jadi 14 Jam Per Hari

MI/YUSUF
Sejumlah penumpang di ruang tunggu Bandara Internasional Lombok, Praya, Lombok Tengah, NTB.

 

PT Angkasa Pura Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyatakan, jam pelayanan operasional di bandara setempat telah ditambah menjadi 14 jam per hari dari sebelumnya beroperasi dari jam 06.00 Wita hingga 17.00 Wita atau 9 jam per hari.
 
"Mulai saat ini, waktu operasional Bandara Lombok berubah menjadi 06.00 Wita hingga 20.00 Wita atau 14 jam," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto, di Praya, Rabu (31/8).
 
Penambahan jam operasional tersebut dilakukan lantaran adanya penambahan penerbangan dari maskapai Super Air Jet dengan rute penerbangan dari Lombok-Jakarta.
 
Ia mengemukakan bahwa dengan adanya penambahan tersebut diharapkan bisa meningkatkan pelayanan penerbangan kepada masyarakat atau wisatawan.
 
"Semoga ini bisa meningkatkan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok. Rata-rata jumlah penumpang di bandara saat ini mencapai 5.000-6.000 penumpang per hari," katanya.
 
Selain itu, ujar dia, Bandara Lombok juga masih membuka sentra  vaksinasi booster atau penguat bagi penumpang pesawat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para penumpang dan mendukung program pemerintah.
 
"Layanan khusus vaksin booster ini dibuka mulai pukul 09.00 Wita-14.00 Wita di area lobi keberangkatan Bandara Lombok," katanya.


Baca juga: Waspada Hujan Disertai Petir di 8 Daerah Kaltim Awal September

 
Sentra layanan vaksinasi dosis penguat itu telah dibuka sejak 6 Juli 2022 seiring dengan dengan adanya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang berlaku 17 Juli 2022 terkait penumpang pesawat udara yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster saja yang tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen.
 
Pemerintah Indonesia telah mewajibkan vaksin booster sebagai syarat perjalanan di seluruh bandara, sesuai dengan Surat Edaran Kementerian
Perhubungan Nomor SE 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19 yang mulai berlaku pada Senin, 29 Agustus 2022.
 
"Berdasarkan SE nomor 82/2022, PPDN atau penumpang pesawat rute domestik dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster). Bagi PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua," katanya.
 
Untuk PPDN berstatus warga negara asing (WNA) yang berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua. Bagi PPDN berstatus WNA yang berasal perjalanan luar negeri dengan usia 6-17 tahun dikecualikan dari kewajiban vaksinasi.
 
Adapun bagi PPDN di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari syarat vaksinasi, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi covid-19.

PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksinasi, maka dikecualikan dari syarat vaksinasi dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
 
"Setiap WNI yang melakukan penerbangan di rute domestik wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi," katanya. (Ant/OL-16)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Sidang HAM Paniai Hadirkan 2 Sopir Sebagai Saksi

👤Lina Herlina 🕔Rabu 28 September 2022, 16:36 WIB
Saksi dari warga tidak ada yang hadir, sementara dari Polri hanya empat yang hadir, yaitu Andy Richo Amir, Abner Onesimus Windesi, Riddo...
DOK Pribadi.

Evakuasi Korban Longsor di Desa Bulih Kuning masih Berlangsung

👤Denny Susanto 🕔Rabu 28 September 2022, 16:32 WIB
Upaya evakuasi korban tanah longsor di kawasan penambangan emas rakyat di Desa Bulih Kuning, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, oleh...
DOK Pribadi.

Trans Kalimantan Ruas Satui Barat Longsor

👤Denny Susanto 🕔Rabu 28 September 2022, 15:59 WIB
Ruas jalan Trans-Kalimantan di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya