Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

DOK MI
Ilustrasi

 

RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat (19/8). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel.  Mikron Antariksa menyebut jumlah hotspot yang terpantau mencapai 138 titik.

Ke-138 titik ini menurutnya tersebar di Lima kabupaten. Terbanyak terdapat di Bangka Barat dengan 74 titik "Bangka 28 titik, bangka barat 74 titik, Bangka Selatan 18 titik, Bangka Tengah 17 titik dan Belitung Timur 1 titik," kata Mikron.

Kuat dugaan, dari 138 titik panas tersebut ada yang berasal daeri karhutla. Tingkat akurasinya di angka delapan dengan status warna merah dan kuning.

"Dari 138 titik ini kemungkinan besar ada karhutla mengingat cuaca saat ini panas dan angin kecang. Potensi karhutla tinggi sekali," ujarnya.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, Mikron mengimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hutan untuk waspada. Selain itu pihaknya juga meminta masyarakat tidak membakar sampah atau membuka kebun dengan cara membakar.

"Kalau untuk bakar sampah sebenarnya tidak masalah asalkan ditunggu.  Tapi kalau buka kebun dengan cara dibakar, itu dilarang dan dapat di pidana jika berubah menjadi karhutla," tegasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.sahabat sandi

Sertifikat Halal Gratis dan Bazar Sembako Murah di Bandung Diserbu

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 05:50 WIB
RATUSAN masyarakat dan UMKM di Bandung menghadiri kegiatan Sertifikasi Halal dan Bazar Sembako Murah yang digelar oleh Relawan UKM Sahabat...
DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya