Kamis 11 Agustus 2022, 15:41 WIB

11 Desa di IKN Nusantara Dipertahankan Sebagai Etalase Indonesia

Insi Nantika Jelita | Nusantara
11 Desa di IKN Nusantara Dipertahankan Sebagai Etalase Indonesia

Antara
Warga menaiki perahu kapal menuju wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

PEMERINTAH mempertahankan 11 desa di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menjelaskan bahwa pemerintah tidak mengubah budaya dan kearifan lokal desa setempat.

Adapun 11 desa yang dikembangkan menjadi etalase Indonesia berasal dari dua kabupaten. Di wilayah Kabupaten Kutai Negara, yakni Sungai Payang, Karya Jaya dan Tani Bhakti. Lalu, di Kabupaten Penajam Paser Utara, yaitu Argo Mulyo, Bukit Raya, Bumi Harapan, Karang Jinawi, Semoi Duo, Suka Raja, Suko Mulyo dan Tengin Baru.

"Kami ingin desa di IKN menjadi etalase desa Indonesia mulai dari kulturnya, keguyubannya, demokrasinya," kata Gus Halim, sapaan akrabnya, Kamis (11/8).

Baca juga: KOI Siap Usung IKN di Bidding Olimpiade 2036

Pemerintah akan mereferensikan desa menjadi etalase Indonesia dengan berbagai model, yang mempresentasikan bangsa konsep Nusantara. Sehingga, saat ada wisatawan yang berkunjung di 11 desa di IKN, mendapat gambaran yang utuh tentang sejumlah desa di Indonesia.

"Kami akan modifikasi dengan terus mempertimbangkan kearifan lokal. Kalau memungkinkan, 11 desa bisa kita bikin etalase berbagai model," imbuhnya.

Baca juga: Sambut Proyek IKN, Pengembang Kaltim Mesti Kerek Kompetensi

Kementerian Desa-PDTT akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, Badan Otorita IKN dan menggandeng perguruan tinggi. Dalam hal ini, untuk mendesain desa di IKN, agar tidak berubah menjadi kelurahan dan mempertahankan sistem pemerintahan desa.

"Sistem pemerintahan ini tetap, ada pilkades (pemilihan kepala desa), jangan ada kelurahan. Kalau ada kelurahan, tidak ada lagi pilkades. Nanti bakal ada pilkades e-voting, misalnya," jelas Gus Halim.

Untuk pembangunan kawasan inti pusat pemerintah (KIPP) di IKN Nusantara, ditargetkan rampung pada 2024. Kawasan inti pusat pemerintahan memliki luas 6.671 hektare, dengan pembagian tiga klaster.(OL-11)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya