Rabu 10 Agustus 2022, 17:02 WIB

Gunakan Bom Ikan, 17 Nelayan Diciduk Polisi

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Gunakan Bom Ikan, 17 Nelayan Diciduk Polisi

Ist
Bom ikan

 

DIREKTORAT Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah menangkap 17 nelayan yang menggunakan bom di perairan provinsi itu.  

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didik Supranoto mengatakan, sebelum ditangkap puluhan nelayan tersebut sudah menjalankan aksinya di perairan Tombaton, Kabupaten Banggai Laut dan perairan Kalerong, Kabupaten Morowali.

"Ada laporan masuk ke Ditpolairud, kemudian tim bergerak lalu berhasil menangkap 16 pelaku di Banggai Laut dan satu pelaku di Morowali," terangnya, Selasa (10/8).

Menurut Didik, 16 nelayan yang ditangkap di Banggai Laut sudah menggunakan bom ikan saat mencari ikan di hari pertama pada 3 Agustus. Begitu pun satu pelaku yang ditangkap di Morowali juga sudah menggunakan bom sebelum ditangkap pada 4 Agustus. "Jadi 17 pelaku itu sudah mengakui perbuatannya makanya mempermudah penyidik," imbuhnya.

Seusai menangkap 17 pelaku, jelas Indra Rathana, Ditpolairud ikut mengamankan pelbagai barang bukti. Di antaranya, satu unit kapal kayu tanpa nama dan tiga ton bom ikan yang diisi ke dalam jeriken lima liter dan botol.  

"Bom yang mereka gunakan ini luar biasa dampaknya. Satu botol bom ikan saja sudah bisa merusak terumbu karang yang ada di dasar laut tidak hanya ikan," tegasnya.  

Karena itu, lanjut Indra, 17 pelaku akan diberikan hukuman yang setimpal sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Pasalnya beberapa dari pelaku merupakan residivis dan diduga sudah melakukan pemboman ikan berulang kali. "Penyidik masih terus memeriksa. Yang pasti kepada puluhan pelaku akan dikenai pasal yang sesuai undang-undang," tandas Indra. (OL-15)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya