Senin 01 Agustus 2022, 08:27 WIB

Orang Muda dan Nelayan Kalbar Harapkan Presiden 2024 Peduli Lingkungan

mediaindonesia.com | Nusantara
Orang Muda dan Nelayan Kalbar Harapkan Presiden 2024 Peduli Lingkungan

dok.ist
Komunitas Nelayan Peduli Kapuas OMG Kalbar di Kampung Liku, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

 

RELAWAN Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Barat menunjukkan perhatian terhadap isu pencemaran lingkungan dengan menampung aspirasi 50 nelayan tepian Sungai Kapuas Sanggau, melalui dialog bersama dan membentuk Komunitas Nelayan Peduli Kapuas OMG Kalbar di Kampung Liku, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Sebab, sungai terpanjang di Indonesia tersebut telah tercemar mulai bagian hulu hingga hilir sungai.

Koordinator Wilayah OMG Kalbar, Steper Vijaye mengatakan, sumber utama pencemaran air sungai Kapuas adalah limbah pabrik, limbah rumah tangga, aktivitas pertambangan emas, zat kimia merkuri, hingga penangkapan ikan secara ilegal. Oleh karena itu, gebrakan ini merupakan upaya pelestarian Sungai Kapuas, agar fungsi strategisnya tetap terjaga bagi masyarakat.

"Kami melakukan kunjungan bersama masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di tepian Kapuas Sanggau. Di situ, kami berdialog bersama mereka untuk menampung aspirasi-aspirasi yang disampaikan bahwa perlu bersama-sama kita menjaga sungai kapuas ini agar bisa  bersih dan sehat," kata Vijay dalam keterangannya, Senin (1/8/22).

Vijay menegaskan, pihaknya juga mengukuhkan Komunitas Nelayan Peduli Kapuas OMG Kalbar. Mereka juga memberikan sejumlah bantuan, berupa pukat jala ikan maupun sembako. Hal ini demi meningkatkan hasil tangkapan nelayan, hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Keinginan kami bahwa lingkungan ini tetap terjaga dari limbah-limbah ilegal. Untuk nelayan, secara khusus itu kita menginginkan bahwa dapat mempermudah kita dalam menjaga lingkungan baik itu membuang sampah sembarang perlu kita jaga melalui komunitas ini," ucap Vijay.

Vijay menyebut, agenda ini merupakan rangkaian acara 'Festival Bumi Daranante' yang digagas OMG Kalbar untuk masyarakat Kabupaten Sanggau. Di mana, acara tersebut merupakan bentuk sosialisasi dan dukungan Ganjar Presiden 2024 yang dibalut berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat, senam bersama, cek kesehatan, dan bazar UMKM di Lapangan Bola Rawa Bakti, Ilir Kota, Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Untuk rangkaian kegiatan kita yaitu mengambil tema 'Sanggau Sehat Sanggau Kuat' dengan nama kegiatanya Festival Bumi Daranante. Dengan cara ini kami lebih mendekatkan figur Pak Ganjar dan visinya terhadap lingkungan hidup," jelas Vijay.

Tak kurang dari 2.000 anak muda dan masyarakat sekitar memadati lapangan tersebut. Menurut Vijay, mereka terpikat figur Ganjar Pranowo lantaran sikapnya yang merakyat, merangkul milenial, ramah tetapi tegas, dan berpengalaman sebagai anggota DPR maupun Gubernur Jawa Tengah.

"Kita terinspirasi melalui kepemimpinan  beliau, yang hari ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, lalu kebijakan beliau mengegolkan undang-undang kesejahteraan desa. Banyak juga piagam maupun penghargaan yang telah diraih Jawa Tengah mulai dari 2014 sampai hari ini terus digalangkan oleh pak Ganjar," ungkap Vijay.

"Ke depan, kami akan terus menyosialisasikan dan mendorong pemenangan Ganjar dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sampai pelosok Provinsi Kalimantan Barat," tutup Vijay.

Senada, nelayan asal Kampung Liku, Kabupaten Sanggau, Mulyadi (53) mengaku sangat mendukung gerakan OMG Kalbar dalam menjaga kelestarian Sungai Kapuas. Mulyadi mengatakan bantuan alat pukat yang diberikan kepada para nelayan bisa meningkatkan produktivitas tangkapan.

"Mewakili nelayan, terutama saya sebagai nelayan, sangat senang atas bantuan dari Orang Muda Ganjar ini, sangat bermanfaat bagi kami," terang Mulyadi.

Rekam jejak Ganjar, lanjut Mulyadi, sudah diikutinya sejak menjadi anggota DPR hingga saat ini. Menurut Mulyadi, Ganjar sangat peduli kepada nelayan, yang dibuktikan dengan upaya menjamin kesejahteraan nelayan berupa asuransi kecelakaan, baik kecelakaan di laut maupun di darat.

"Menurut saya pribadi, sosok Pak Ganjar ini orang baik, dan merakyat. Semoga (jika Ganjar Presiden 2024) bisa lebih memerhatikan kami selaku nelayan di Kapuas ini," tutup Mulyadi. (OL-13)

Baca Juga: Asa Ibu Dina Lestarikan Batik, Sandiaga : Kita Adakan Pelatihan

Baca Juga

DOK.MI

BPBD: 696 Rumah Warga Medan Terendam Banjir, 2.247 Jiwa Terdampak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:30 WIB
BPBD juga sempat mengevakuasi 14 korban banjir di dua titik, yakni Jalan Luku, Gang Bersama, Kuala Bekala lima orang terdiri atas dua...
ANTARA

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat...
ist

Miliki Bonus Demografi, Gobel Ajak Raja-raja Nusantara Bangun SDM

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:37 WIB
“Kita akan memiliki puncak bonus demografi dan sedang berjuang masuk ke negara dengan pendapatan tinggi. Hal ini hanya bisa dicapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya