Kamis 14 Juli 2022, 18:25 WIB

Pemkot Bandung Akselerasi Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster

Naviandri | Nusantara
Pemkot Bandung Akselerasi Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat mulai mengakselerasi vaksinasi Covid-19 dosis III atau booster sejak Rabu (13/7) sampai akhir Agustus 2022 mendatang. Ditargetkan vaksinasi dosis booster bisa mencapai 50 persen.

Dalam vaksinasi kali ini, Pemkot Bandung menargetkan sebanyak 976.179 sasaran. Masing-masing kecamatan akan memperoleh 271 dosis per hari yang diturunkan ke seluruh  kelurahan. Sehingga satu kelurahan ditargetkan bisa melakukan vaksinasi  54 dosis per hari.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron mengatakan, tak hanya melalui kelurahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) juga dilibatkan, termasuk Pemkot Bandung juga akan menggandeng sekolah dan  kampus-kampus untuk mempercepat vaksinasi.

"Beberapa kampus yang menjadi pelaksana target kali ini antara lain Itenas, UPI, Unpad, Unpar, Unla, Unpas, Maranatha dan Unikom. Selain itu, pos vaksin juga akan hadir di beberapa lokasi wisata dan pusat perbelanjaan, seperti BIP, TSM, PVJ, Kiara Artha Park, Alun-alun dan Saung Udjo," jelasnya, Kamis (14/7)

Menurut Asep, jumlah pos vaksinasi yang akan disebar sebanyak 190 pos. Dengan rincian puskesmas sebanyak 80 pos, rumah sakit umum daerah sebanyak 3 pos, klinik swasta 70 pos. Lalu, rumah sakit swasta sebanyak 18 pos, dan pos vaksin tambahan sejumlah 19 pos.

Untuk ketersediaan jenis vaksin yang ada di Kota Bandung antara lain Astra Zeneca sebanyak 54 vial, Pfizer sebanyak 4.851 vial, dan Sinovac 2 Dose sebanyak 322 vial.

"Per 12 Juli 2022, capaian vaksinasi di Kota  Bandung untuk dosis  sebanyak 113,90 persen. Lalu, dosis II mencapai  104,26 persen. Terakhir, dosis III di angka 35,54 persen," ucapnya.

Kepala Dinas Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Nisa Suasana Dewi mengatakan, terkait adanya kebijakan baru dengan penggunaan wajib vaksinasi Covid-19 dosis booster, pihaknya memastikan akan bertanggung jawab untuk pemberian vaksin kepada masyarakat.

"Ada aturan baru dari Satgas Covid-19 pusat itu terkait perjalanan dalam negeri atau pun luar negri. Bagi kami, Dinkes tentunya kita bertanggung jawab atas peningkatan dari angka vaksin booster," terangnya.

Nina mengakui untuk capaian vaksinasi dosis ke-3 di Jabar hingga saat ini masih terbilang minim. Dari data yang dihimpun di laman Pikobarjabar, capaian vaksinasi dosis ke-3 di Jabar hingga per Rabu (13/7) baru menyentuh diangka 33,46 persen atau setara dengan 12.683.672 dosis. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Warga Tegal Menyukai Uang Rupiah Kertas Cetakan Baru

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:10 WIB
Warga yang akan menukarkan uang lamanya, sebelumnya sudah melakukan registrasi terlebih dahulu di situs...
ANTARA

Pessel Terus Gencarkan Pertanian Padi Organik

👤Yose Hendra 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:06 WIB
PENGEMBANGAN tanaman padi organik harus lebih dimaksimalkan untuk  peningkatan produksi pertanian dan ekonomi petani di Kabupaten...
MI/ALEXANDER P TAUM

Pemkab Flores Timur Bantah ada Foto Garuda Pancasila yang Dipasang Terbalik

👤Alexander P Taum 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:00 WIB
Benda yang diduga podium bergambar Garuda Pancasila terbalik sesungguhnya adalah kotak atau peti isi naskah teks proklamasi yang diletakkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya