Rabu 13 Juli 2022, 12:45 WIB

Gandeng Damkar, Siloam Hospitals Palangkaraya Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gandeng Damkar, Siloam Hospitals Palangkaraya Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Dok. Siloam Hospitals Palangkaraya
Simulasi tanggap darurat bencana kebakaran di Siloam Hospitals Palangkaraya

 

DITENGAH aktivitas pelayanan kesehatan masyarakat, manajemen Rumah Sakit Siloam Palangkaraya (Siloam Hospitals Palangkaraya) berkesempatan melakukan latihan tanggap bencana melalui tahapan simulasi pemadaman api dan evakuasi.

Pelaksanaan simulasi oleh tim pelaksana P2K3 Siloam Hospitals Palangkaraya diikuti 181 karyawan yang bekerja sama dengan tim Pemadaman Kebakaran Kota Palangkaraya.

Ketua P2K3 Siloam Hospitals Palangkaraya Arie Jimmy Reynanda Rahu mengatakan, mengatakan, materi dan simulasi memadamkan api yang membakar ruangan IPD (Departemen Rawat Inap) rumah sakit dilakukan agar alur komunikasi dan respon tanggap bencana kembali diingat oleh para peserta. 

"Latihan ini sifatnya sebagai pengingat, bahwa menjalin komunikasi dan cepat tanggap terhadap antisipasi bencana merupakan hal pokok dalam menjalankan simulasi atau telah terjadi kebakaran dilingkungan rumah sakit. Terdiri dari empat tim yang berlatih hari ini dan latihan berjalan sesuai kebutuhan dengan dukungan tim Damkar Palangkaraya", tutur . Arie di sela simulasi di halaman rumah sakit Siloam Hospitals Palangkaraya. 

Dikatakan Arie Jimmy, empat tim yang berlatih terdiri dari kelompok karyawan yang menggunakan helmet merah, helmet biru, helmet kuning dan karyawan yang menggunakan helmet orange. 

Pelatihan tanggap bencana darurat melalui simulasi kebakaran dilakukan di Departemen Rawat Inap lantai dua. Simulasi api terbakar diketahui melalui adanya hubungan arus pendek dari kabel penyambungan yang dibawa oleh keluarga pasien. 

Melihat adanya sumber api, petugas kebersihan segera memberi informasi kepada perawat yang bertugas di lantai dua tersebut. 

"Tindakan selanjutnya adalah segera memadamkan sumber api melalui fasilitas tabung alat pemadam (Apar) oleh karyawan yang menggunakan helmet merah. Sementara karyawan yang menggunakan helmet biru segera menghubungi Fire Command Center (FCC) untuk segera mengaktifkan kode dalam simulasi. Petugas helmet biru pun bertugas menjaga pasien sekaligus mematikan jalur gas medis pada lingkungan sekitar", tutur Arie menjelaskan. 

Baca juga : Upaya Kurangi Lahan Kritis, KLHK Tanam 20 ribu Pohon di Brebes

Simulasi dilanjutkan dengan mengamankan ratusan dokumen penting oleh karyawan yang menggunakan helmet kuning dan bersamaan oleh petugas helmet orange menyampaikan kondisi terkini kepada pasien dan keluarga pasien. Tahap selanjutnya melakukan evakusi.

Dari simulasi, pemadaman api tidak berhasil dan titik api semakin membesar maka koordinasi dilanjutkan dan melaporkan agar meminta persetujuan dari KOTI agar dapat menghubungi pihak Damkar dan melakukan persiapan ke lokasi titik kumpul. Team K3RS menghubungi FCC guna mengaktifkan tanda evakusi. 

"Dalam simulasi evakuasi, pasien dan keluarganya merupakan hal prioritas keselamatan menuju titik kumpul. Tujuan utama pada simulasi ini adalah memadamkan api dan segera mengamankan keselamatan jiwa pasien, keluarga pasien dan seluruh karyawan rumah sakit", ungkap Arie Jimmy. 

Tidak berapa lama dari latihan Simulasi, pihak Damkar tiba lalu memadamkan api hingga padam, setelahnya dari FCC menginfokan bahwa simulasi terjadinya kebakaran telah selesai. Api berhasil dipadamkan.

Adapun dalam kegiatan pelatihan simulasi tersebut, Direktur Siloam Hospitals Palangkaraya, dr. Kevin Chrisanta Budiyatno turut hadir dan ikut serta dalam pelatihan.  

"Pelatihan ini tentunya untuk meningkatkan kembali kewaspadaan dan menjalin komunikasi bagi seluruh karyawan sekaligus penyegaran materi dilingkungan rumah sakit", pungkas dr. Kevin Chrisanta Budiyatno.

Siloam Hospitals Palangkaraya merupakan jaringan rumah sakit yang ke 35 dari Siloam Hospitals Grup. Berlokasi strategis di area RTA Milono, Siloam Hospitals Palangka Raya hadir dengan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam.

Selain pelayanan IGD, Siloam Palangka Raya turut menyediakan layanan terpadu termasuk medical check up, berbagai klinik rawat jalan, rawat inap, layanan bersalin dan kesehatan anak, kamar operasi, unit perawatan intensif (ICU dan NICU) dan dilengkapi dengan fasilitas medis pendukung seperti CT Scan, X-Ray, dan Ultrasonografi. (RO/OL-7) 

Baca Juga

MI/Depi Gunawan

Keluarga Minta Polisi Transparan Ungkap Terbunuhnya Letkol (Purn) Mubin di Lembang

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:21 WIB
PIHAK keluarga korban Letkol (Purn) Muhammad Mubin (60), yang meninggal ditusuk HH alias Aseng di Lembang, Bandung Barat berharap polisi...
MI/SUPARDJI RASBAN

Warga Tegal Menyukai Uang Rupiah Kertas Cetakan Baru

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:10 WIB
Warga yang akan menukarkan uang lamanya, sebelumnya sudah melakukan registrasi terlebih dahulu di situs...
ANTARA

Pessel Terus Gencarkan Pertanian Padi Organik

👤Yose Hendra 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:06 WIB
PENGEMBANGAN tanaman padi organik harus lebih dimaksimalkan untuk  peningkatan produksi pertanian dan ekonomi petani di Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya