Jumat 20 Mei 2022, 16:45 WIB

Pemkab Cianjur Optimistis Sektor Pariwisata Kembali Bangkit

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Pemkab Cianjur Optimistis Sektor Pariwisata Kembali Bangkit

DOK MI
Kampung Budaya Padi Pandanwangi, Cianjur, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, optimistis sektor pariwisata akan kembali menggeliat pascalibur Idul Litri 1443 Hijriyah. Terlebih, saat ini pemerintah sudah mulai melonggarkan kebijakan penggunaan masker di tempat-tempat terbuka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Pratama Nugraha, mengaku keyakinannya sektor pariwisata akan kembali bangkit. Salah satu barometernya pada libur lebaran beberapa waktu lalu terjadi lonjakan wisatawan yang memilih berlibur di Cianjur dan sekitarnya.

"Terutama di kawasan wisata Cipanas dan sekitarnya. Volume kendaraan wisatawan meningkat bahkan hingga terjadi kemacetan. Mayoritas merupakan wisatawan yang berlibur di kawasan Cipanas dan sekitarnya," kata Pratama, Jumat (20/5).

Selama libur panjang lebaran, kata Pratama, hasil rekapitulasi jumlah kunjungan wisatawan lebih kurang sebanyak 170 ribuan orang. Jumlahnya, kata Pratama, mungkin tak sebanyak kunjungan wisatawan di daerah lain. "Tapi setidaknya ini akan menjadi momen bangkitnya lagi pariwisata di Kabupaten Cianjur," terang Pratama.

Selain lokal, sebut Pratama, wisatawan yang berlibur di Kabupaten Cianjur selama libur Lebaran juga berasal dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. "Ada sebagiannya yang menginap di hotel sehingga okupansi meningkat. Rata-rata lama menginap sekitar dua hari," tuturnya.

Pratama menuturkan Pemkab Cianjur masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan menyelesaikan penataan kawasan-kawasan destinasi wisata. Fokus penataannya diprioritaskan bagi kawasan wisata di wilayah selatan.

"Prioritasnya wisata alam. Cukup banyak wisata alam di sana (selatan). Tinggal kita terus menata agar bisa menarik wisatawan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Supardji R

109 Jemaah Haji dari Kota Tegal Diberangkatkan

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:46 WIB
Jemaah calon haji Kota Tegal yang masuk ke Kloter 43 Embarkasi Adi Sumarmo Solo (SOC) direncanakan akan tiba di Asrama Haji Donohudan...
ANTARA/M. Riezko Bima Elko P.

Gedung Sekolah di Palembang Roboh, Polisi Periksa 3 Saksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:15 WIB
Kepala Polrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib memastikan penyidik terus mendalami peristiwa robohnya bangunan tersebut yang...
ANTARA

Khofifah Berharap Kuota Haji untuk Indonesia Terus Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 13:37 WIB
Tahun ini, kuota haji Indonesia mencapai 100.051 orang, kemudian beberapa hari lalu mendapat kuota tambahan sebanyak 10.000 orang dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya