Kamis 19 Mei 2022, 16:02 WIB

Sembilan Sapi Positif PMK, Purbalingga Awasi Lalu Lintas Hewan

Lilik Darmawan | Nusantara
Sembilan Sapi Positif PMK, Purbalingga Awasi Lalu Lintas Hewan

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Petugas menyemprotkan disinfektan pada kandang sapi di Denpasar, Bali, Kamis (19/5/2022).

 

SEBANYAK sembilan sapi di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), positif penyakit mulut dan kuku (PMK). Oleh karena itu, Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga melakukan penanganan dan melaksanakan isolasi terhadap sapi yang terinfeksi. 

Hal itu dilakukan mengingat ada 12,5 ribu sapi yang siap dipotong pada Iduladha mendatang. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa berdasarkan data dari Dinpertan, ada sembilan sapi di Purbalingga yang positif PMK. 

"Saat sekarang, dinas terkait telah menangani dengan cara mengisolasi dan mengobati. Kini, 50% sapi telah sembuh kembali," jelas Dyah di sela-sela peninjauan di Pasar Hewan Purbalingga pada Kamis (19/5).

Menurutnya, masyarakat yang memiliki ternak dapat langsung menghubungi Dinpertan kalau mendapati hewan peliharaannya terindikasi PMK. Ia juga menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan wabah PMK karena tidak akan menular ke manusia atau bukan termasuk zoonosis. 

Ada langkah yang bisa dilakukan salah satunya memasak matang daging hewan tersebut. "Ke depan kita akan membentuk Satgas untuk melakukan monitoring, jemput bola kelompok-kelompok ternak untuk memastikan hewan-hewan ternak mereka 
sehat semua," jelasnya.

Baca juga: PT Pos Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Kementerian PPN/Bappenas

Kepala Dinpertan Purbalingga Mukodam mengungkapkan lalu lintas hewan ternak di Purbalingga telah diperketat. Pihaknya saat ini melarang hewan ternak dari luar daerah masuk, termasuk hewan ternak dari dalam daerah untuk dikeluarkan. "Ini kecuali untuk yang sudah dinyatakan sehat, sapi tetap bisa keluar untuk masuk RPH (Rumah Pemotongan Hewan)," ujarnya.

Terkait pembatasan itu, Mukodam memastikan stok hewan ternak untuk Iduladha 1443 H masih aman. Saat ini di Purbalingga terdapat 12.500 sapi yang siap dipotong. "Mudah-mudahan PMK bisa segera teratasi sehingga minat berkurban masyarakat tidak terpengaruh," tambahnya. (OL-14)

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya