Senin 16 Mei 2022, 16:51 WIB

Pengiriman Sapi ke Madura Dihentikan untuk Cegah PMK

Mohammad Ghazi | Nusantara
Pengiriman Sapi ke Madura Dihentikan untuk Cegah PMK

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Pemeriksaan penyakit mulut dan kuku pada ternak

 

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Ajib Abdullah, mengatakan pengiriman sapi dari Madura ke Jawa dan sebaliknya sudah dihentikan. Sehingga kemungkinan adanya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di Madura sangat kecil.

"Kami juga sudah meminta tenaga kesehatan hewan untuk memantau di setiap pasar ternak. Sejauh ini masih aman," kata Ajib, Senin (16/5).

Meski ada penghentian pengiriman sapi ke Madura untuk mencegah penyakit mulut dan kuku, ia memastikan persediaan daging sapi maupun hewan kurban menjelang hari raya Iduladha aman karena Madura merupakan daerah penyuplai sapi terbesar di Jawa Timur.

Sementara itu, komunitas peternak Domba Kambing dan Sapi (Dokapi) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, memastikan PMK belum menjangkiti binatang ternak di Madura, khususnya Pamekasan.

Ketua Dokapi Pamekasan Hudaif Salim mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan di sejumlah pasar ternak dan lokasi peternakan sapi di wilayah tersebut dan belum ditemukan sapi ternak yang terjangkit.

"Sejauh ini belum ada kasus PMK di Pamekasan. Kami berharap, hal itu tidak terjadi di Madura," kata Hudaif, Senin (16/5).

Baca juga:  Terdata 890 Sapi di Babel Positif PMK, Masyarakat Jangan Panik

Ia mengatakan, Madura diuntungkan oleh kondisi geografis yang terpisah dari wilayah yang dilaporkan ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku di Jawa Timur yakni Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan, sehingga kemungkinan penyakit tersebut bermigrasi ke Madura sangat kecil.

Namun demikian, pihaknya meminta para peternak untuk memelihara hewan ternak mereka, terutama menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar.

"Kami khawatir jika kasus tersebut ditemukan di Madura, akan berpengaruh pada penjualan kambing dan sapi menjelang hari raya kurban," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Pada Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:44 WIB
Mulanya Hartono mengajak Sandiaga untuk mampir ke warungnya usai melihat kuliner carica. Di sana, Sandiaga disuguhkan kopi dan tempe...
MI/DJOKO SARDJONO

Omah Sambung Klaten Menggelar Festival Pelajar Pancasila

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:40 WIB
Penyelenggaraan Festival Pelajar Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Bung Karno, Bulan Bung Karno, dan Hari Bhayangkara...
Dok. Pribadi

Ganjar Pranowo Dinilai Mak Ganjar Kalbar Mampu Wujudkan Emansipasi Wanita

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:39 WIB
"Kalau bagi emak-emak, Pak Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat peduli terhadap komunitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya