Jumat 06 Mei 2022, 17:15 WIB

Dua Pelabuhan Tambahan Dioperasikan Antisipasi Arus Balik

Theofilus Ifan Sucipto | Nusantara
Dua Pelabuhan Tambahan Dioperasikan Antisipasi Arus Balik

Antara
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten

 

DUA pelabuhan tambahan dioperasikan sebagai opsi perjalanan jalur laut. Langkah itu untuk mengantisipasi potensi lonjakan arus balik pada 5 Mei hingga 8 Mei 2022.

“Jadi tidak hanya Pelabuhan Merak dan Bakauheni saja yang difungsikan tetapi ada tambahan yaitu Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya,"  kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5)

Pelabuhan Merak dan Bakauheni siap menerima kedatangan pemudik yang kembali ke Pulau Jawa. Namun pelabuhan tambahan tetap diperlukan untuk mencegah penumpukan selama arus balik.

Muhadjir menyebut lokasi Pelabuhan Bandar Bakau Jaya tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni. Pemudik yang keluar dari tol Trans Sumatra akan diarahkan menuju Jalan Raya Lintas Pantai Timur Sumatera sejauh dua kilometer untuk sampai di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

“Sedangkan letak Pelabuhan Ciwandan berada di sebelah barat Pelabuhan Merak. Pemudik yang turun dari Pelabuhan Ciwandan akan diarahkan ke tol Cilegon Timur menuju Jakarta,” ujar dia.

Muhadjir mengimbau pemudik untuk secepatnya kembali Jakarta. Opsi lainnya, yakni kembali dari kampung halaman setelah puncak arus balik.

“Sehingga tidak terjadi kepadatan yang dapat mengganggu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik saat ini,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Amiruddin A.R

Empat Poter Tim Ranger Konservasi Leuser Diserang Harimau di Aceh Selatan

👤Amiruddin MR 🕔Senin 30 Januari 2023, 01:05 WIB
EMPAT orang pengantar barang dan bahan logistik (poter) Team Ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) yang sedang melakukan kegiatan di kawasan...
dok.ist

Ganjaran Buruh Berjuang Banten Resmi Dikukuhkan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:03 WIB
KEPENGURUSAN relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Provinsi Banten kini telah resmi dikukuhkan oleh pengurus Pusat...
MI/HO

Kementan Harmonisasi Pusat dan Daerah Bangun Regenerasi Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:58 WIB
PENGEMBANGAN pertanian terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Pertanian RI melalui aneka program dan terobosan, di antaranya regenerasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya