Kamis 17 Maret 2022, 19:40 WIB

Cianjur Masih Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Benny Bastiandy | Nusantara
Cianjur Masih Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Medcom
Ilustrasi

 

STATUS siaga darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih diberlakukan. Kesiapsiagaan kebencanaan pun terus ditingkatkan mengingat intensitas curah hujan diprediksi masih tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal, menuturkan status siaga darurat bencana tanah longsor dan banjir di Kabupaten Cianjur masih diberlakukan hingga 31 Maret 2022. Karena itu, selama siaga darurat bencana, maka kesiapsiagaan terus dilakukan.

"Kita terus antisipasi terkait dengan potensi bencana hidrometeorologi. Sesuai dengan SK Bupati, status siaga darurat bencana hidrometeorologi masih berlangsung," terang Rizal kepada Media Indonesia, Kamis (17/3).

Rizal tak memungkiri, kurun dua pekan terakhir kondisi cuaca di Kabupaten Cianjur relatif cukup ekstrem. Kondisinya ditandai dengan curah hujan tinggi yang disertai angin kencang. "Kami sudah melakukan kajian, ada beberapa daerah yang potensi kebencanaannya cukup tinggi akibat cuaca ekstrem," sebut Rizal.

BPBD pun terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan terbaru kondisi cuaca. Informasi prakiraan cuaca segera dikoordinasikan dengan elemen-elemen berkompeten.

"Di desa dan kecamatan kami terus mengaktifkan posko dan selalu siaga karena status siaga darurat bencana hidrometeorologi belum berakhir," tegas Rizal.

BPBD, kata Rizal, mewaspadai potensi bencana di semua wilayah yang tersebar di 360 desa dan kelurahan di 32 kecamatan. Namun hasil evaluasi, terdapat spot-spot yang memang dikategorikan masuk zona merah.

"Seperti di wilayah tengah, salah satunya di Kecamatan Cianjur. Sempat terjadi hujan deras disertai angin puting beliung dan hujan es. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya