Sabtu 12 Maret 2022, 18:13 WIB

Gerak Cepat Sandiaga Cari Solusi Pemasaran Gula Jawa di Pacitan

mediaindonesia.com | Nusantara
Gerak Cepat Sandiaga Cari Solusi Pemasaran Gula Jawa di Pacitan

dok.humas
Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, bertemu pembuat gula Jawa, Sabtu

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di sana, Sandiaga bertemu pembuat Gula Jawa, Mbah Tuni (70).

Sandiaga mendatangi langsung kediaman Mbah Tuni. Dia menyaksikkan Mbah Tuni sedang mengolah produknya di dapur.

"Ini sabut (kelapa) nya dipakai untuk bahan bakar juga ya. Sekarang ini apa yang dirasakan kendalanya simbah," ujar Sandiaga di lokasi, Sabtu (12/3/2022).

Pertanyaan Sandiaga dijawab Winarti (42), anak Mbah Tuni. Sebab, Mbah Tuni tak fasih berbahasa Indonesia. "Minta pengemasan, sama pemasaran," ucap Winarti ke Sandiaga.

Menparekraf pun langsung melakukan aksi gerak cepat. Dia melakukan video call dengan salah satu jajarannya.

"Saya mau telepon dulu direktur saya yang menangani kuliner, kriya dan fashion, serta desain yaitu Ibu Yuke," kata Sandiaga.

Dalam video call itu, Sandiaga tampak menjelaskan potensi dan hambatan usaha Mbah Tuni. Sandiaga juga menyebut Kemenparekraf memiliki program Bedah Desain Kemasan atau Bedakan.

"Oke kalau gitu kita langsung bergerak cepat, mohon Bu Yuke kontak dengan timnya supaya nanti saat kita mulai bergerak dengan Apresiasi Kreasi Indonesia, AKI. Bu Tuni ini produknya juga bisa ditampilkan," tutur Sandiaga di akhir video call itu.

Adapun kunjungan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Sendang terkait sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun lalu, Desa Wisata Sendang masuk 300 besar kampung dan desa wisata terbaik.

Di Desa Sendang, Sandiaga ke Pantai Ngiroboyo. Sandiaga melihat tarian Kethek Ogleng dan produk-produk UMKM, hingga berolahraga voli pantai dan paddling. (OL-13)

Baca Juga

Ist

Destinasi Susur Sungai TNTP Bangkitkan Ekonomi Kotawaringin Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 11:32 WIB
Wisata sensasi susur sungai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) sudah mendunia. Itu merupakan destinasi andalan Taman Nasional Tanjung...
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Zona Kumuh di Pasar Raya Padang Kian Menjamur

👤Yose Hendra 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 23:25 WIB
"Kami akan melakukan penataan secara bertahap. Sebelum itu, kami sosialisasikan terlebih dahulu agar di kemudian hari tidak ada hal...
MI/Djoko Sardjono

Klaten Rawan Bencana, Bupati Minta Warga Waspada di Musim Hujan

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 22:31 WIB
"Waspadai bencana alam yang mungkin terjadi di musim penghujan dalam upaya pengurangan risiko bencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya