Jumat 21 Januari 2022, 11:20 WIB

Ridwan Kamil Dukung Usulan Ulama Besar Madura jadi Pahlawan Nasional

Mediaindonesia | Nusantara
Ridwan Kamil Dukung Usulan Ulama Besar Madura jadi Pahlawan Nasional

ANTARA/Fiqih Arfani
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat menerima kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) di Surabaya, hari ini.

 

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung usulan ulama besar Tanah Air asal Bangkalan, Syaichona Muhammad Kholil, menjadi pahlawan nasional.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Jumat pagi, orang nomor satu di Pemprov Jabar tersebut menyampaikannya usai berziarah ke makam Syaichona Kholil di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada Kamis (20/1).

"Jasa yang sangat luar biasa dari beliau. Karena itu, saya dan masyarakat Jawa Barat lahir batin mendukung pengusulan tersebut," ucap RK, sapaan akrabnya.

Menurut dia, Syaichona Kholil memiliki jasa besar terhadap bangsa, termasuk merupakan guru KH Hasyim Asy’ari yang kemudian menjadi pendiri ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama (NU).

Usulan predikat pahlawan nasional sudah dilaksanakan sejumlah pihak kepada tim dari Pemerintah Pusat sejak September 2021.

Tim pengusul juga sudah menyerahkan usulan dan berbagai dokumen sebagai persyaratan kepada Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

Baca juga: Keputusan Presiden Larang TNI-Polri Aktif jadi Penjabat Gubernur Diapresiasi

Saat ini, usulan tersebut sedang dibahas di pemerintah pusat, dan Ridwan Kamil menegaskan kiprah Syaichona Kholil tidak diragukan lagi karena merupakan ulama besar dan semua orang mengakuinya.

Sementara itu, kunjungan RK ke Madura sebagai rangkaian kegiatannya selama dua hari berada di Jatim.

"Karena sedang ada di Jatim maka kami harus ke Bangkalan dan berziarah ke makam Syaichona Kholil," kata dia.

RK berada di Jatim pada Kamis hingga Jumat, 20-21 Januari 2022. Selain ke Bangkalan, RK melakukan kunjungan ke beberapa daerah, yakni Surabaya, Jombang, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri.

Saat di Surabaya, Kamis (20/1), RK juga telah bertemu dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya. Pada kesempatan sama juga dilakukan kerja sama tentang pengembangan potensi perdagangan kedua daerah.(ANT/OL-4)

Baca Juga

MI/Voucke Lontaan

Pemprov dan 15 Kabupaten/Kota di Sulut Raih Opini WTP

👤Voucke Lontaan 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:55 WIB
PEMPROV dan 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas  Laporan...
Metro TV/Fransiskus Gerardus

Kehabisan BBM, Fantasi Express 88 terombang-ambing di Selat Boleng

👤Fransiskus Gerardus 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:50 WIB
Kejadian ini bermula ketika kapal berlayar dari Larantuka hendak menuju Pulau Lembata pada pukul 15:30 Wita dan ketika di Selat Boleng...
dok.Ant

Libur Hari Waisak, Jalur Puncak Bogor Padat Merayap

👤Dede Susianti 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:05 WIB
PADA libur akhir pekan ini yang berbarengan dengan libur Waisak, ratusan ribu orang masuk ke kawasan wisata puncak, Cisarua, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya